Sukses

Bukan Ponsel atau Laptop, Viral Video Siswa Gunakan HT untuk Sekolah Saat Pandemi

Belum lama ini viral video seorang siswa belajar jarak jauh dengan menggunakan HT untuk berkomunikasi dengan gurunya.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi semua kalangan masyarakat. Tak hanya bagi para pekerja tapi juga bagi anak sekolah.

Bagaimana tidak, para siswa dari mulai Taman Kanak-Kanak hingga SMA harus menghentikan kegiatan belajar mengajar tatap muka untuk sementara waktu.

Sebagai gantinya, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online selama pandemi Covid-19.

Namun rupanya tak semua siswa bisa mengikuti kegiatan belajar lewat online karena keterbatasan perangkat hingga koneksi.

Belum lama ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang siswa belajar jarak jauh dengan menggunakan Handy Talkie (HT) untuk berkomunikasi dengan gurunya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar jarak jauh pakai HT

Sebuah video viral di media sosial menunjukkan seorang siswa belajar sambil mengikuti instruksi sang guru di balik HT. Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @kondekturbus_ terlihat seorang anak laki-laki sedang menulis di atas meja sambil mendengarkan suara sang guru dari HT di dekatnya.

3 dari 4 halaman

Guru memberi instruksi lewat HT

Dari situ terdengar suara guru perempuan yang tengah menginstruksikan siswa untuk mengerjakan tugas dalam waktu 30 menit lalu mengumpulkannya ke sekolah.

Sang guru memperingatkan siswanya untuk jangan lupa memakai masker. Di akhir ucapannya, sang guru mengatakan "ganti” sebagai instruksi mempersilahkan muridnya berbicara jika ada yang ingin ditanyakan.

“Ibu kasih waktu 30 menit untuk mengerjakan, setelah itu kalian antar ke sekolah ya satu-satu. Jangan lupa maskernya dipake, ganti.” Ujar ibu guru.

4 dari 4 halaman

Tuai komentar

Video yang diunggah pada Kamis (23/7/2020) lalu itu menjadi viral dan mendapat beragam komentar warganet.

“Disatu sisi merasa lucu tapi disisi lain sangat menggambarkan wajah pendidikan online di Indonesia. Ada yg leyeh2 sambil tiduran pake Mac book pro, ada yg serius sambil denger HT, ada pula yg tidak bisa belajar karena memang tidak memungkinkan,” komentar @efralx.

“Ini solusi apik sih untuk masalah keterbatasan kuota, sinyal, dan gawai. Tetapi masalahnya apakah semua murid tempat tinggalnya masuk dalam jangkauan ht tersebut?” tulis @rifqifakhrirahm.

“Solusi sekolah dari rumah yg bersistem zonasi, murah, non pulsa, efektif dan efisien. Maju terus pendidikan Indonesia,” timpal @iFashih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.