Sukses

Punya 11 Karakteristik Ini, Kamu Orang yang Kuat Secara Mental

Liputan6.com, Jakarta - Secara teoritis, pengalaman dapat menjadikan orang lebih kuat dan lebih baik. Bersikap optimis, mengendalikan hidup sendiri, dan tak mengasihani diri sendiri adalah beberapa karakteristik yang harus kita upayakan.

Ada beberapa karakteristik orang yang kuat secara mental menurut Amy Morin, seorang psikoterapis dan ahli dalam kekuatan mental. Tentunya, memiliki mental yang kuat akan sangat membantu dalam hidup.

Lalu, apa sajakah karakteristik-karakteristik tersebut? Melansir dari Brightside, ini dia.

 

 

2 dari 8 halaman

1. Anda menghargai siapa diri Anda, bukan apa yang telah Anda capai

Orang yang kuat secara mental akan menempatkan nilai sejati dalam diri mereka, bukan pada apa yang mereka miliki. Jadi, mereka tak peduli apakah mereka menang atau kalah.

2. Anda menghabiskan waktu secara produktif

Seseorang mungkin memiliki seribu alasan untuk tak menyelesaikan pekerjaan. Tapi orang yang kuat secara mental akan fokus pada apa yang sebenarnya mereka inginkan dan menghindari membuang-buang waktu mereka untuk kegiatan yang tak produktif.

 

3 dari 8 halaman

3. Anda memercayai kemampuan Anda untuk beradaptasi dengan perubahan

Hidup terus berubah dan kadang sulit untuk beradaptasi dengan keadaan baru. Kebanyakan orang akan menolak perubahan tersebut, tapi orang yang kuat secara mental akan fokus pada mengatasi kenyataan yang berubah dengan cepat.

4. Anda menghadapi ketakutan yang menghambat

Kebanyakan orang menghindari ketakutan mereka; beberapa orang berusaha menghadapi ketakutan mereka hanya untuk terlihat baik di depan orang lain. Tapi orang yang kuat secara mental tak memiliki sesuatu untuk dibuktikan. Mereka menghadapi dan mengatasi ketakutan yang mencegah mereka menjadi versi diri mereka yang lebih baik.

 

4 dari 8 halaman

5. Anda belajar dari kesalahan Anda

Orang yang kuat secara mental tak berusaha membenarkan tindakan mereka atau menyembunnyikan kesalahan mereka dari orang lain. Mereka belajar dari kesalahan mereka dan berharap untuk menjadi lebih baik.

6. Anda menemukan keseimbangan antara siapa Anda dan ingin menjadi orang yang seperti apa

Jika Anda orang yang kuat secara mental, Anda mungkin akan menerima siapa diri Anda saat ini. Tapi, Anda juga tak akan pernah berhenti bekerja untuk menjadi orang yang lebih baik.

 

5 dari 8 halaman

7. Anda merayakan kesuksesan orang lain

Menjadi kuat secara mental berarti mengetahui cara bekerja sama. Keberhasilan orang lain tak pernah membuat Anda cemburu. Sebaliknya, orang yang kuat secara mental tahu bagaimana merayakan kebahagiaan dan kesuksesan orang lain.

8. Anda hidup dan mengambil keputusan sesuai dengan nilai-nilai Anda

Jika Anda hidup sesuai dengan nilai-nilai Anda dan Anda memahami prioritas Anda, Anda tak akan pernah kesulitan membuat keputusan. Kemampuan ini membuat orang kuat secara mental.

 

6 dari 8 halaman

9. Anda peduli untuk meningkatkan keterampilan Anda daripada memamerkannya

Secara umum, orang cenderung mencari perhatian orang lain. Tapi orang yang kuat secara mental akan fokus pada peningkatan keterampilan mereka tanpa mencari pengakuan.

10. Anda menjalani kehidupan yang otentik

Orang yang kuat secara mental akan jujur pada diri mereka sendiri. Tindakan mereka tak pernah bertentangan dengan kata-kata mereka.

 

7 dari 8 halaman

11. Anda tahu bagaimana menjaga keseimbangan emosi dan logika

Ini bukan tentang apakah Anda dikuasai oleh emosi atau akal sehat Anda, tapi tentang mengetahui bagaimana menjaga keseimbangan keduanya, untuk melihat dengan jelas ketika emosi menang atas logika dalam proses pengambilan keputusan. Jika Anda kuat secara kuat mental, Anda tahu bagaimana menyeimbangkan kedua hal tersebut.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: