Sukses

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk Ini Dapat Bahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Berikut ini kebiasaan buruk saat bekerja yang dapat membahayakan kesehatanmu.

Liputan6.com, Jakarta Duduk dalam jangka panjang dapat menyebabkan kesehatan yang buruk. Nyeri punggung adalah masalah yang sangat umum karena postur statis dapat meningkatkan stres di punggung, bahu, lengan, dan kaki.

Itulah pentingnya menghindari kesalahan duduk tertentu dan mengikuti rekomendasi para ahli. Berikut ini beberapa postur buruk saat bekerja yang kerap Anda lakukan seperti dilansir dari Brightside.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Anda tidak menjaga layar laptop/monitor komputer setinggi mata Anda

Mata Anda harus sejajar dengan titik di layar, sekitar 5-7 cm di bawah bagian atas monitor Anda. Jika diposisikan seperti ini, Anda tidak akan memiringkan kepala.

Masalahnya adalah kita memiliki bidang visual yang lebih baik melihat ke cakrawala daripada kita mengintip di atasnya. Ketika Anda mengatur layar di posisi yang benar dan nyaman, Anda akan dapat melihat lebih banyak. Plus, leher dan punggung Anda tak akan sakit.

 

3 dari 9 halaman

2. Anda tak menarik bahu Anda atau membiarkan punggung bersandar rata di kursi

Para ahli merekomendasikan agar punggung Anda sejajar dengan bagian belakang kursi kantor. Anda harus menghindari condong ke depan. Ini sangat penting ketika Anda merasa lelah setelah duduk untuk waktu yang lama.

 

4 dari 9 halaman

3. Anda tak mengistirahatkan kaki di lantai

Lebih baik tekuk lutut Anda pada sudut ini ketika kaki Anda rata di lantai. Para ahli juga mengatakan bahwa melepas sepatu Anda adalah hal yang baik, terutama bila Anda memakai sepatu berhak.

Jika kursi Anda tak dapat disesuaikan dengan ketinggian yang tepat, gunakan sandaran kaki.

 

5 dari 9 halaman

4. Anda menyilangkan kaki saat duduk

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa menyilangkan kaki saat bekerja adalah kebiasaan yang berbahaya. Itu bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebagai gantinya, Anda mencoba melakukan beberapa peregangan setiap kali merasakan dorongan untuk menyilangkan kaki.

 

6 dari 9 halaman

5. Anda tak menggunakan dudukan ergonomis untuk mempertahankan posisi netral

Sulit untuk mempertahankan posisi netral sambil duduk di meja kerja. Tapi, Anda dapat menggunakan beberapa produk pendukung khusus. Ini dapat membangun kebiasaan ergonomis yang baik.

 

7 dari 9 halaman

6. Anda tak mengatur tempat duduk sesuai yang dibutuhkan tubuh

Anda dapat menyesuaikan ketinggian tempat duduk sesering mungkin. Lakukan pengaturan kursi sampai Anda menemukan posisi yang paling nyaman.

 

8 dari 9 halaman

7. Anda tak beristirahat tiap 30 menit

Duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan kelelahan otot. Setelah menghabiskan beberapa waktu duduk dengan postur yang benar, Anda masih dapat kembali ke posisi yang membahayakan punggung.

Dalam hal ini, sering-seringlah beristirahat. Spesialis merekomendasikan istirahat tiap 30 menit dan paling tidak, lakukan tiap beberapa jam.

 

9 dari 9 halaman

8. Anda tak mengatur ketinggian sandaran tangan

Saat duduk di kursi kantor, kita sering lupa dengan posisi lengan yang tepat. Lengan hendaknya setinggi 75-90 derajat di siku. Posisi ini akan menghindari dari rasa sakit di punggung serta bahu yang naik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.