Sukses

Tanpa Disadari, 5 Tempat di Rumah yang Jadi Sarang Kuman

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tentu menjadi tempat kita menghabiskan banyak waktu setiap harinya. Banyak orang yang lantas menata rumah menjadi sangat nyaman. Namun, banyak dari mereka yang mengabaikan untuk menjaga kebersihannya.

Padahal tanpa disadari ada banyak tempat di rumah yang diklaim bisa menjadi sarang kuman. Melansir dari Insider, Selasa (7/4/2020), berikut tempat-tempat yang diklaim paling kotor dan menjadi sarang kuman.

1. Dapur

Banyak orang berpikir bahwa kamar mandi menjadi tempat yang paling jorok di rumah. Rupanya hal tersebut salah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dapur menjadi tempat yang paling kotor di rumah.

Bagaimana tidak, di dapur ada sponge dan wastafel yang bisa saja dipenuhi dengan bakteri. Belum lagi ada papan pemotong sayur serta kulkas yang menyembunyikan banyak mikroorganisme berbahaya, termasuk E.coli, salmonella dan banyak lagi.

Menurut USA Today, bakteri yang dating dari buah dan sayur ini bisa menyebabkan gejala keracunan makanan yang bisa berkisar dari sakit perut hingga sesuatu yang lebih parah, seperti gagal ginjal.

2 dari 5 halaman

2. Kamar mandi

Kamar mandi baru berada di urutan kedua setelah dapur. Selain kloset, di kamar mandi ada banyak benda yang bisa menjadi sarang kuman seperti kepala shower hingga keset.

Keset kamar mandi merupakan sumber dari banyak bakteri, jamur dan tungau debu yang berbahaya. Ada baiknya kamu dengan rutin mengganti dan mencucinya.

3 dari 5 halaman

3. Kamar

Beristirahat di kamar tentu menjadi hal membuat diri sangat nyaman usai menjalani hari. Namun faktanya, tempat tidur khususnya yang memiliki sprei kotor bisa menjadi sarang kuman yang dapat menyebabkan sakit.

Belum lagi meja yang terdapat alat-alat elektronik seperti laptop dan ponsel di atasnya. Seperti yang kita ketahui, ponsel dan keyboard laptop bisa menjadi benda yang sangat jarang kita bersihkan. Ada baiknya kamu dengan rutin membersihkannya dengan disinfektan.

4 dari 5 halaman

4. Tempat cucian baju kotor

Tak sedikit dari kita yang menyimpan baju kotor di sebuah wadah sebelum mencucinya. Usahakan untuk tidak menyimpannya dalam keadaan basah karena hal tersebut bisa membantu kuman untuk berkembang biak dengan sangat mudah.

5 dari 5 halaman

5. Kandang hewan

Tentu tak sediki dari kamu yang memiliki hewan peliharaan dan membiarkannya dengan leluasa berkeliaran di dalam rumah. Mulai sekarang coba hentikan kebiasaan tersebut.

Hewan bisa meninggalkan bulu mereka di benda-benda di dalam rumah seperti sofa, karpet dan lainnya. Hal ini tentu bisa membuatmu sakit. Tak hanya itu, kandang mereka juga diklaim sebagai sarang kuman oleh karenanya usahakan untuk meletakkanya di luar rumah ya.