Sukses

Dokter Handoko Gunawan Pejuang Lawan Corona Covid-19 Jatuh Sakit, Warganet Kirim Doa

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial, tengah diramaikan dengan perbincangan mengenai sosok dokter Handoko Gunawan. Dokter berumur 80 tahun itu mendadak jadi sorotan setelah dirinya membantu menangani pasien Virus Corona atau Covid-19 di Jakarta.

Kisahnya terungkap setelah seorang pengguna Twitter bernama @elsyandria mengunggah beberapa foto dokter Handoko yang memakai Alat Pelindung Diri (APD) berwarna putih, lengkap dengan sepatu dan memakai masker. 

Dalam unggahannya, @elsyandria menunjukkan dua foto dan keterangan yang berbeda. Dia meminta agar warganet turut mendoakan dokter Handoko yang bekerja merawat pasien hingga pukul 03.00 pagi.

“Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yang handle Covid, Dokter Gunawan ahli paru di Graha Kedoya, usia sudah mendekati 80. Saat ini Beliau terus kerja sampai jam 3 pagi karena dokter yang muda banyak yang takut,” demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

Meski begitu, keputusan dokter Handoko untuk terjun menangani pasien Covid-19 awalnya telah ditentang keluarganya. “Anak-anaknya sudah saranin jangan ikut terjun karena sudah tua, tapi katanya kalau dia mati juga tidak apa-apa,” lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Terbaring Sakit

Dalam unggahan tersebut, ada pula potret dokter Handoko yang tengah terbaring sakit di sebuah ranjang rumah sakit. Menurut penuturan keluarga, dokter yang bekerja di RS Graha Kedoya tersebut kini dalam kondisi baik.

"Dr. Handoko Gunawan saat ini sudah dalam penanganan RS dan staf medis yang kompeten. Dr. Handoko dalam kondisi sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik (tentunya komunikasi dibatasi)," tulis pihak keluarga Dr. Handoko Gunawan melalui pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Rabu (17/3/2020).

Pihak keluarga juga menuturkan ucapan terima kasih atas simpati publik terhadap dokter Handoko.

"Kami keluarga besar Dr. Handoko Gunawan mengucapkan terima kasih yg sebesar2nya atas perhatian, simpati dan doa-doa yang dipanjatkan utk Dr. Handoko Gunawan, baikdari teman2, kerabat, netizen dan seluruh lapisan masyarakat yg memberikan semangat dan dukungan. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa membalas budi baik kalian semuanya," ungkapnya lagi.

3 dari 4 halaman

Warganet Beri Semangat dan Doa

Unggahan tersebut mendadak sontak ditanggapi beragam respons warganet. Banyak dari mereka memberikan semangat dan doa untuk kesembuhan dokter Handoko.

"Lekas sembuh dan berkumpul dengan keluarga dok. Terima kasih," tulis akun @abedanicukup.

"Dokter ayo sembuh dok, dr. Handoko kuat dr. Handoko hebat, Tuhan memberikan yang terbaik untuk dokter," kata akun @itslalameokay.

"Respect. Sehat terus bapak. Semoga segera di angka t penyakit nya," sahut akun @Licia_6106.

Sementara akun @pehbingung berkomentar, "Semoga lekas sembuh dok."

Saking banyaknya warganet yang menanggapi unggahan tersebut, hingga kini unggahan tersebut telah disukai hingga 53 ribu kali dan mendapat 27 ribu retweet. Tagar #dokterhandokogunawan bahkan berada di jajaran teratas trending topic Twitter kawasan Indonesia.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: