Sukses

6 Bahasa Tubuh Binatang Peliharaan yang Ungkap Emosi Pada Pemiliknya

Penasaran apa saja bahasa tubuh yang ditunjukkan binatang peliharaanmu untuk mengungkapkan emosi mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti manusia, binatang berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan tubuh mereka. Ada beberapa gerakan dan sinyal tubuh tertentu yang memungkinkan binatang menunjukkan emosi dan keinginan mereka.

Penasaran apa saja bahasa tubuh yang ditunjukkan binatang peliharaanmu untuk mengungkapkan emosi mereka? Berikut beberapa perilaku binatang yang mengungkap emosi mereka, seperti melansir dari Brightside, Minggu (5/1/2020).

1. Anjing

Saat suasana hatinya sedang baik, biasanya anjing akan membengkokkan atau meliuk-liukkan ekornya. Selain itu, anjing dapat memiringkan kepalanya ke samping sambil mencoba mendengarkan atau menunggu hadiah. 

Ketika tengah marah, anjing akan menegakkan telinganya. Kepala dalam polisi tegak juga bisa menunjukkan marah atau ingin mendominasi. 

Sementara saat ekor anjing lurus horizontal, berarti anjing sedang memperhatikan sesuatu dan sedang berusaha memahami apakah itu bahaya atau tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kucing

Seekor kucing yang tenang akan menunjukkan telinganya dalam posisi yang santai. Jika kucing memicingkan mata atau membiarkan matanya setengah tertutup, itu berarti dia merasa aman dan mempercayaimu. Nah, saat seekor kucing mengangkat ekornya, itu berarti dia senang dan ramah.

Namun, saat ekor diturunkan di antara kakinya menjadi tanda bahwa kucing tersebut sedang ketakutan. Mata bulat menandakan kecemasan. Dan jika kucing dengan cepat menggerakkan telinganya, berarti dia waspada.

Seekor kucing juga bisa mengekspresikan kemarahannya dengan menekan telinga ke kepalanya. Dan jika dia menggerakkan ekor ke atas dan ke bawah, atau ke kiri dan ke kanan, ini menunjukkan kejengkelan atau kemarahannya.

3 dari 6 halaman

3. Hamster

Hamster dapat menunjukkan kepuasannya dengan menguap dan meregangkan tubuh. Dia juga akan mengekspresikan kegembiraan dengan melompat. Berdiri dengan kaki belakangnya dan bergerak maju dengan tubuh bagian atas menandakan rasa ingin tahu.

Jika hamster tiba-tiba bermain air dengan tergesa-gesa, ini mungkin menandakan kekhawatiran. Kalau hamster berusaha menyelinap dan bersembunyi, itu berarti dia sedang ketakutan.

4 dari 6 halaman

4. Kelinci

Seekor kelinci mengekspresikan kegembiraan dengan melompat. Ini menunjukkan sikap yang baik terhadapmu ketika ia berbaring dan menjulurkan kaki belakang dan depan mereka. Ini berarti dia merasa nyaman dan santai. 

Saat kelinci tegang, ia akan membeku di tempat. Telinganya akan ditekan ke kepalanya dan matanya terbuka lebar. Itu juga akan ditunjukkan ketika dia tidak puas dengan sentuhanmu. Ketukan dengan kaki belakangnya menjadi sinyal bahaya yang jelas.

5 dari 6 halaman

5. Burung

Saat burung merasa senang, dia akan meregangkan sayap dan kaki kirinya, lalu sayap dan kaki kanannya. Kemudian, dia akan menarik sayapnya ke atas. 

Sayap yang terangkat dan tubuh yang tegang menunjukkan bahwa burung merasa khawatir, takut dan ingin mempertahankan diri. 

Biasanya, sebelum menyerang dan menggigitmu, burung akan membentangkan kakinya lebar-lebar untuk mengambil posisi stabil, menatapmu dan membuka paruhnya.

6 dari 6 halaman

6. Kura-Kura

Semakin merasa baik dan nyaman, biasanya kura-kura semakin aktif mengeksplorasi segala sesuatu di sekitarnya dengan rasa ingin tahu. Dia tidak akan bersembunyi di cangkangnya dan nyaman menunjukkan kepala dan kakinya. 

Jika kura-kura merasa terancam, ia mencoba melindungi dirinya sendiri dengan menarik kepala, ekor dan kakinya ke dalam cangkang. Ini adalah sinyal bahwa kura-kura merasa takut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.