Sukses

Studi: Olahraga Bisa Membuatmu Lebih Bahagia Daripada Uang

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuhmu. Lebih dari itu, olahraga nyatanya bisa membuat perasaan individu jadi bahagia. Sebuah studi bahkan mengklaim bahwa berolahraga bisa membuat bahagia ketimbang mendapat uang.

Melansir Brightside, Senin (18/11/2019), dalam studi ini, para peneliti dari Yale dan Oxford melakukan survei kepada 1,2 juta individu Amerika. Dalam penelitian tersebut, peneliti menanyakan tentang rutinitas para peserta.

Pertanyaan tersebut seputar latar belakang peserta (jenis kelamin, pendapatan, status perkawinan, riwayat medis dan lainnya). Data tersebut akan membantu peneliti menemukan korelasi langsung antara kebahagiaan dan aktivitas fisik.

Hasil survei menunjukkan, individu yang rajin melakukan aktivitas fisik atau olahraga hanya mengalami sedih rata-rata 35 hari dalam setahun. Sementara individu yang jarang atau tidak berolahraga, cenderung mengalami 18 hari lebih banyak bersedih.

Para peneliti menemukan bahwa pada kenyataannya, aktivitas fisik cenderung sama bahagianya dengan individu yang jarang berolahraga dengan pendapatan 25.000 dolar Amerika (AS) atau setara dengan Rp 352 juta per tahunnya.

2 dari 5 halaman

Lebih Banyak Olahraga Tidak Selalu Bikin Bahagia

Ini bukan berarti bahwa kamu harus berolahraga tanpa henti selama berjam-jam. Dari studi ini, para peneliti menyimpulkan bahwa berolahraga terlalu banyak bisa sama kontraproduktifnya bagi kesehatan mentalmu dengan tidak berolahraga sama sekali.

Mereka melihat hasil terbaik dari orang yang aktif secara fisik antara 30 dan 60 menit, 5 kali per minggu.

3 dari 5 halaman

Beberapa Olahraga Membuatmu Lebih Bahagia

Para peneliti juga menemukan bahwa beberapa olahraga lebih efektif untuk membuat individu bahagia daripada yang lain.

Biasanya ini termasuk olahraga kelompok, karena mereka memungkinkan anggota tim untuk bersosialisasi. Anehnya, aerobik dan bersepeda menawarkan manfaat yang sama, meskipun tidak diklasifikasi sebagai olahraga kelompok.

4 dari 5 halaman

Rutin Aerobik 20 Menit

Menurut penelitian yang dilakukan University of Vermont, hanya 20 menit latihan harian yang cukup intens dapat membantu meringankan kebahagiaanmu hingga 12 jam.

Kamu bisa melakukan pemanasan dengan berjalan di tempat selama empat menit sambil secara bertahap menggabungkan latihan lain seperti memutar baru, menepuk tangan di udara dan melakukan lutut tinggi.

Kamu kemudian bisa bergantian melakukan shuffle boxer, tendangan depan dan tendangan pantat selama lima menit lagi. Lalu bergantian tendangan depan dan belakang selama dua menit, dan lakukan jumping jacks selama satu menit. Kemudian ulangi seluruh gerakan tersebut secara rutin.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menyisihkan Uang buat Kebutuhan Mendesak
Artikel Selanjutnya
3 Minggu Liburan di Amerika Serikat, AHY Merasa Lebih Senang Berada di Indonesia