Sukses

Jangan Diabaikan, 10 Tanda Hati Anda dalam Bahaya dan Butuh Detoksifikasi

Liputan6.com, Jakarta - Hati adalah organ terbesar kedua di tubuh yang memainkan peran besar dalam pencernaan, menghasilkan empedu. Hati mengubah kelebihan gula menjadi glikogen dan menyimpannya sebagai cadangan energi.

Detofsifikasi adalah peran dari hati di tubuh. Hati membantu menghilangkan produk limbah dan metabolisme obat. Hati mendukung pembuatan faktor pembekuan darah dan asam amino.

Bayangkan apa yang terjadi bila organ ini rusak. Ada sejumlah faktor yang dapat berkontribusi terhadap disfungsi hati, seperti penyalahgunaan alkohol, virus, obatan-obatan tertentu, makanan olahan dan tinggi gula, dan lain-lain.

Melansir dari Betterme, berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan hati tak bekerja dengan baik. Waspada dan segera konsultasikan ke dokter Anda bila memiliki tanda-tanda ini.

1. Nyeri perut

Hati yang meradang dapat membesar, menekan saraf kapsul yang menutupi hati, dan menyebabkan sensasi nyeri di bagian kanan atas perut Anda.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

 

2 dari 5 halaman

2. Kelelahan

Disfungsi hati dapat menyebabkan penumpukan racun di tubuh. Hal itu dapat menyebabkan kelelahan jangka panjang yan tak dapat dijelaskan, bahkan tidak hilang setelah tidur dan beristirahat.

3. Tubuh mudah memiliki memar

Hati biasanya berperan dalam penciptaan faktor pembekuan darah. Kegagalan hati merusak proses ini. Akibatnya, Anda mengalami pendarahan yang tak normal dan mudah memar.

 

 

3 dari 5 halaman

4. Mual dan mentah

Orang dengan penyakit hati sering mengeluh mual dan muntah, terutama bila tahapnya sudah memprihatinkan.

5. Perut membesar

Perut Anda bisa menjadi besar bahkan tanpa makan terlalu banyak. Alasannya adalah bahwa gagal hati biasanya mengarah ke asites (akumulasi cairan di dalam perut).

 

 

4 dari 5 halaman

6. Kaki bengkak

Ketidakseimbangan air di dalam tubuh akibat disfungsi hati dapat menyebabkan pembengkakan di ekstremitas bawah tubuh.

7. Acid reflux

Mereka yang menderita kelainan hati, sering mengalami mulas.

8. Kehilangan nafsu makan

Ini adalah gejala umum dari berbagai masalah kesehatan, termasuk disfungsi hati.

 

 

5 dari 5 halaman

9. Kulit terasa gatal

Hati yang tak sehat akan menghilangkan bilirubin sesuai kebutuhan. Ketika zat ini menumpuk di kulit, Anda akan mengalami keinginan tak tertahankan untuk menggaruk kulit yang terasa gatal.

10. Tubuh berwarna kuning

Ketika sel darah merah mati secara alami, mereka menghasilkan produk limbah yang disebut bilirubin. Bahan kimia ini biasanya dikeluarkan oleh hati lewat empedu.

Jika ada yang salah dalam kerja hati, bilirubin akan menumpuk di tubuh. Ini akan menyebakan kulit dan mata terlihat berwarna kuning.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek 5 Tanda Ini pada Tubuh, Waspada Lever Dipenuhi Racun