Sukses

Yuk Kenali Campuran pada 6 Jenis Kopi Modern

Setelah mengenali bahan campuran dari berbagai jenis kopi ini, tertarik coba varian lain?

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari perbedaan antara seorang pencinta kopi dan bukan, tentu hal penting yang menjadi perhatian pada saat akan meminum kopi cenderung sama. Hal itu adalah rasa, wangi, dan campurannya yang bisa membuatmu terjaga dan merasa bahagia di pagi hari.

Oleh karena itulah setiap orang pasti memiliki jenis kopi favorit mereka sendiri. Entah itu americano, espresso, cappuccino, atau bahkan long black.

Namun, masih banyak orang yang masih belum mengetahui campuran apa saja yang ada di dalam kopi mereka sehingga bisa memiliki rasa yang unik. 

Setelah memiliki kopi kesukaan pun kebanyakan orang akan enggan untuk mencoba varian lain. Mereka takut rasa kopi yang dihasilkan tidak seenak kopi biasa yang mereka minum.

Maka dari itu, untuk menambah pengetahuan kamu di dalam bidang kopi, berikut beberapa jenis kopi dan campuran apa saja yang ada di dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Affogato

Affogato sangat berbeda dari kopi pada umumnya. Itu karena, espresso yang digunakan dalam pembuatan kopi ini dicampurkan ke dalam es krim. Namun, hal tersebut tidak serta merta membuat rasa yang dihasilkan menjadi kurang enak.

3 dari 7 halaman

2. Mochaccino

"Kopi moka" hanyalah sebuah latte yang ditambahkan dengan bubuk cokelat atau sirup, dan terkadang diberi topping krim kocok. Namun, minuman ini adalah perpaduan kopi yang baik. Itu karena, kamu bisa menikmati cokelat dan latte dalam satu waktu secara bersamaan.

4 dari 7 halaman

3. Macchiato

Macchiato adalah campuran satu shot espresso dengan frothed milk atau busa susu yang langsung dimasukkan ke dalam cangkir. Meskipun sedikit mirip dengan cappuccino, tetapi macchiato memiliki rasa yang lebih kuat.

Itu karena, macchiato tidak menggunakan susu steam yang ditambahkan ke dalamnya, ukurannya pun lebih kecil. Biasanya minuman ini disajikan di dalam sebuah cangkir berukuran espresso.

5 dari 7 halaman

4. Cappuccino

Kopi ini dapat dibilang sebagai jenis kopi yang paling populer di dunia. Di dalam pembuatannya, cappuccino terdiri dari tiga lapis bahan.

Bahan pertamanya adalah satu shot espresso dan yang kedua adalah satu shot steamed milk. Terakhir, barista akan menambahkan busa susu lembut pada lapisan atasnya.

Namun, lapisan atas tersebut juga dapat ditambah dengan cokelat serut atau bubuk cokelat.

6 dari 7 halaman

5. Long Black

Masukkan air panas ke dalam sebuah cangkir, kemudian tambahkan dengan dua shot espresso ke dalam cangkir tersebut.

Jika kamu melakukan kebalikan dari cara ini (espresso yang dicampur ke dalam air panas), maka kamu akan menghasilkan kopi jenis americano.

Kopi jenis long black ini rasanya sedikit lebih kuat dan memiliki lebih banyak crema (busa lembut yang menutupi espresso) apabila dibandingkan dengan jenis Americano.

7 dari 7 halaman

6. Latte

Latte salah satu jenis kopi yang populer di kalangan pencinta kopi. Latte terdiri atas susu steam (atau scold) dan satu shot espresso. Biasanya kopi ini sangat berbusa, dan kamu terkadang akan menemukan kafe yang tidak bisa menemukan perbedaan antara kopi jenis ini dan flat white.

Setelah mengetahui berbagai campuran yang ada di dalam kopi, apakah kamu tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah?

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini