Sukses

7 Tips Agar Tampilan Power Point Menjadi Lebih Menarik

Liputan6.com, Jakarta Saat duduk di bangku sekolah tentu kamu pernah diberi tugas secara berkelompok untuk mempresentasikan suatu materi menggunakan PowerPoint. Saat tugas sudah jadi, biasanya materi PowerPoint yang dihasilkan akan sangat padat bahkan tulisannya pun sangat kecil.

Kebiasaan itu pun sering kali terbawa hingga ke jenjang perkuliahan. Akibatnya, saat mempresentasikan materi banyak teman sekelas yang merasa bosan dan tidak mengerti poin penting yang telah disampaikan.

Proses presentasi pun berjalan dengan tidak lancar dan pemateri akan kesal karena ia merasa kurang dihargai.

Namun, tahukah kamu bahwa terdapat banyak tips dan trik yang dapat membantumu membuat PowerPoint menjadi semakin berwarna dan bervariasi?

Simak tips berikut agar presentasimu bisa menjadi lebih efektif dan menarik.

1. Baca dan Pelajari Materi

Sebelum membuat salindia PowerPoint, tentu kamu harus sudah menguasai materi yang akan disampaikan. Untuk bisa mencapai hal tersebut, tentu saja kamu harus membaca dan memelajari materi terlebih dahulu.

Setelah kamu merasa bisa menguasai materi, maka kamu akan bisa menentukan apa saja yang akan disampaikan pada saat presentasi nantinya.

2. Buat Kata Kunci dari Setiap Materi

Setelah materi dikuasai, buatlah rangkuman dari materi tersebut. Tujuannya untuk memudahkan kamu dalam mengingat hal penting yang akan disampaikan.

Selanjutnya, buat daftar poin penting yang akan kamu sampaikan. Poin tersebut biasanya berupa kata kunci yang dapat membantumu dalam mengingat dan menjelaskan materi secara singkat dan padat. Karena tujuan utama dari PowerPoint adalah menyampaikan "poin" maka sorotlah inti dari materi tersebut.

Tips: untuk membantu kamu mengingat poin yang ada pada kata kunci, kamu bisa menambahkan kalimat penjelas di bawah kata kunci tersebut.

Namun, usahakan kalimat penjelas yang kamu tulis adalah kalimat "inti" dari rangkuman, sehingga bentuk kalimatnya nanti tidak akan terlalu panjang.

3. Cari Inspirasi Desain

Carilah inspirasi desain PowerPoint agar kamu bisa memiliki gambaran bagaimana bentuk desain yang akan kamu buat. Inspirasi desain bisa kamu dapatkan dari internet atau beberapa situs web misalnya, pinterest.com, canva.com, weheartit.com, pptwork.com, dan lain sebagainya.

4. Cocokkan Tema

Setelah menyiapkan materi dan mencari inspirasi, saatnya untuk eksekusi. Saat membuat salindia pada PowerPoint, cocokkan tema dengan templat yang akan digunakan.

Kamu bisa mengunduh templat yang ada pada internet atau membuatnya sendiri. Pastikan templat yang digunakan senada dengan tema presentasimu. Hal itu bertujuan agar PowerPoint menjadi lebih menarik untuk dipandang.

Sebagai contoh, jika kamu mempresentasikan materi mengenai lingkungan, maka gunakan templat dengan warna dasar hijau. Jika materi yang disampaikan berkaitan dengan mode, gunakan templat dasar berwarna merah muda, dan lain sebagainya.

2 dari 2 halaman

5. Beri Hiasan

Setelah mencocokkan tema dengan templat yang akan digunakan, saatnya kamu mencari hiasan pendukung. Hiasan yang digunakan bisa berupa shapes, foto, fail dengan format .png, animasi dengan format .gif, stiker, dan lain sebagainya.

Pada prinsipnya, jika kamu menggunakan dasar warna yang gelap maka warna hiasan harus lebih terang, begitu pun sebaliknya. Contohnya, jika templat yang kamu gunakan berwarna hitam, maka gunakan hiasan berwarna abu atau cokelat sehingga warnanya akan terlihat kontras.

Namun perlu diingat, jangan gunakan warna yang terlalu mencolok atau saling tumpang tindih. Usahakan juga hiasan yang digunakan tidak terlalu ramai atau terlalu penuh agar tidak mengalihkan fokus audiensi.

6. Gunakan Fon yang Mendukung

Untuk mendukung desain dan hiasan yang digunakan, kamu juga harus mencari fon yang cocok untuk melengkapi kreasi PowerPoint-mu. Gunakan fon yang menarik dan mudah terbaca oleh audiensi.

Kamu bisa menggunakan fon yang sudah tersedia dalam PowerPoint, atau kamu bisa memanfaatkan fon gratis yang beredar luas di internet, untuk mempercantik tampilan desainmu.

7. Jangan Takut Berkreasi

Satu hal yang harus diingat pada saat membuat salindia adalah, jangan pernah takut untuk berkreasi!

Gunakan imajinasimu untuk menciptakan karya yang hasilnya akan membuatmu merasa puas. Selain itu, jangan ragu untuk mengombinasikan opsi animasi dan transisi yang telah tersedia.

Salurkan ekspresi dan kreativitasmu dalam membuat salindia agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Itulah tips yang dapat membantumu membuat desain PowerPoint agar presentasimu tidak membosankan. Jangan lupa untuk melatih kemampuan presentasimu agar tidak gugup saat berada di depan audiensi. Kamu bisa berlatih di depan teman-temanmu atau di depan cermin. Semoga berhasil!

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Pengganti PowerPoint, Bikin Presentasimu Tak Membosankan