Sukses

Cara Membuat Pomade Sendiri di Rumah, Enggak Pakai Ribet

Liputan6.com, Jakarta Ada yang masih belum paham dengan pomade? Pomade sendiri merupakan varian dari minyak rambut bagi kaum pria. Pria yang banyak menggunakan pomade ialah kalangan anak muda yang senang bergaya. Pomade sendiri saat ini memang cukup populer. Oleh karena itu, banyak pula produk-produk pomade yang beredar di pasaran.

Ternyata memiliki penampilan yang bagus dan menarik bukan hanya dimiliki seorang wanita saja. Karena kaum pria pun bisa memiliki penampilan yang menarik dan rapi serta mengikuti tren yang ada. Oleh karena itu, seorang pria yang menggunakan pomade dianggap lebih bergaya dan juga tampan.

Banyak pomade yang dijual di barber shop ataupun toko online, baik itu produk lokal maupun mancanegara. Harga dari pomade sendiri cukup bervariasi. Namun jika kamu tak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli pomade kamu pun bisa mencoba cara membuat pomade sendiri di rumah.

Cara membuat pomade pun sebenarnya cukup mudah. Karena bahan yang yang digunakan pun mudah didapatkan. Jika kamu telah tahu cara membuat pomade sendiri di rumah dan hasilnya cukup memuaskan, kamu bisa juga menjadikannya sebagai bisnis. Dalam cara membuat pomade pun tak perlu keterampilan ataupun keahlian khusus.

Agar kamu bisa mempraktikkan cara membuat pomade sendiri di rumah, Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Minggu (17/3/2019).

2 dari 3 halaman

Cara membuat pomade di rumah

Cara membuat pomade sendiri di rumah pun cukup sederhana. Selain itu, bahan yang digunakan pun menggunakan bahan alami. Sehingga kamu tak perlu khawatir akan kerusakan rambut yang akan kamu alami. Berikut ini cara membuat pomade yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa ribet.

Alat dan bahan yang digunakan

1. Beeswax atau lilin madu

Lilin madu ini bisa kamu temukan di toko kosmetik ataupun di toko online. Lilin madu ini sering digunakan pula sebagai bahan dasar kosmetik. Hal ini dikarenakan sifat dari lilin madu yang melembabkan dan juga berkilau.

2. Minyak kelapa

Tentu saja bukan jadi rahasia umum bisa minyak kelapa bisa digunakan sebagai melembabkan rambut dan juga mengatasi rambut rusak. Menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu bahan pembuatan pomade pun tak akan merusak rambut kamu.

3. Lempung bentonit

Lempung bentonit ini termasuk dalam jenis tanah liat loh. Pembentukan dari lempung bentonit ini terjadi kerena pelapukan abu vulkanik. Oleh karena itu, lempung bentonit ini pun kaya akan natrium dan juga kalsium. Selain itu, lempung bentonit juga memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas loh.

4. Minyak Essensial

Minyak essensial ini bisa kamu gunakan sebagai menambah wangi pada pomade yang akan kamu buat. Jadi jenis aroma minyak yang akan kamu gunakan pun tergantung dari selera kamu.

5. Minyak zaitun dan Minyak almond

Kedua minyak ini sama-sama memiliki fungsi untuk melembutkan dan juga melembabkan rambut. Selain itu banyak pula nutrisi yang ada untuk rambut kamu. Maka tak ada salahnya untuk menambahkan minyak zaitun dan juga minyak almond pada bahan dasar cara membuat pomade.

6. Panci dan wadah kecil

Panci sendiri kamu gunakan untuk memanaskan dan mencampurkan semua bahan yang ada. Sedangkan mangkuk ini bisa kamu gunakan untuk menuangkan bahan yang telah tercampur.

 

3 dari 3 halaman

Cara membuat pomade sendiri di rumah dengan mudah

Cara membuat pomade sendiri di rumah pun tak perlu ribet. Selain itu, hanya ada beberapa langkah cara membuat pomade alami yang bisa kamu ikuti. Berikut ini langkah-langkah cara membuat pomade sendiri di rumah.

1. Panaskan air dalam panci. Kamu hanya perlu memanaskan air dalam panci hingga mendidih. Namun usahakan menggunakan api sedang ya.

2. Lelehkan lilin madu dengan double boiler. Selanjutnya kamu bisa menuangkan lilin madu di panji lainnya. Setelah itu lelehkan di atas air yang mendidih tersebut. Cara ini sama seperti kamu akan melelehkan coklat. Sambil di lelehkan kamu perlu mengaduknya agar lelehan lilin madu merata.

3. Masukan bahan lain pada lelehan lilin madu. Setelah itu kamu bisa menambahkan minyak-minyak yang ada dengan takaran yang sedikit. Kamu bisa menambahkan 1,5 sendok makan minyak zaitun, beberapa tetes minyak essensial sebagai pewangi serta setengah sendok teh untuk minyak almond. Kemudian aduk semua bahan hingga merata.

4. Masukan lempung bentonit. Setelah semua bahan tercampur rata, kamu bisa mematikan api pada kompor atau memindahkan wadah tersbut pada meja. Setelah itu tuangkan lempung bentonit yang sudah dicampur dengan air hingga lembek. Aduk rata adonan yang telah tercampur lempung bentonit hingga merata.

5. Tuangkan pada wadah kecil dan ratakan. Setelah adonan benar-benar tercampur rata, kamu bisa menuangkannya pada wadah yang lebih kecil yang bisa kamu gunakan sebagai tempat pomade. Kemudian biarkan pada suhi ruangan hingga menjadi dingin dan mengeras.

6. Pomade telah siap digunakan untuk membantu gaya tatanan rambut kamu.