Sukses

Jenis Ayam Hias yang Unik dan Menarik, Bisa Dipelihara di Rumah

Jenis ayam hias yang populer ini harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Liputan6.com, Jakarta Ayam rupanya tidak hanya menjadi sumber pangan. Untuk beberapa orang yang hobi dengan unggas bisa saja tertarik untuk memilikinya sebagai hewan peliharaan. Ayam yang khusus dijadikan sebagai hewan pelihaaraan lazimnya dikenal sebagai ayam hias. Jangan kamu kira harga ayam hias ini setara dengan kamu beli ayam goreng ya. Harga ayam hias ini tidak main-main, bahkan ada yang mencapai puluhan jutaan rupiah.

Pasalnya jenis ayam hias ini terlihat unik, maka wajar saja jika beberapa orang tertarik ingin memeliharanya. Memiliki binatang peliharaan merupakan suatu hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu, banyak penelitian yang menyatakan bahwa memelihara binatang dapat memberi banyak keuntungan bagi kesehatan.

Sebuah studi baru mengatakan bahwa hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan fisik dan kognitif anak. Selain itu, hewan turut memberikan manfaat bagi mental dan kesehatan yang berpengaruh pada kehidupan profesional di tempat kerja.

Oleh karena itu, menjadi hal yang wajar jika seseorang tertarik ingin memiliki hewan peliharaan, khususnya ayam hias. Tertarik untuk memelihara ayam hias? Yuk kenali dulu jenis ayam hias yang ada. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019) jenis ayam hias yang populer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ayam Cemani

Jenis ayam hias yang pertama ialah ayam Cemani. Ayam ini berasal dari Kedu, Jawa Tengah. Ayam cemani ini mampu menarik perhatian para penggemar ayam dari luar negeri. Bahkan seorang peternak asal Amerika Serikat (AS), banyak menerima pesanan untuk ayam ini.

Keistimewannya terletak pada warna tubuhnya yang serba hitam. Bukan hanya bagian luarnya saja yang diselimuti warna hitam pekat, organ tubuh, kuku, serta dagingnya pun berwarna hitam legam. Bahkan lingkar matanya pun hitam. Waduh unik banget ya?

Keunikan tersebut yang membuat harganya melambung sangat mahal. Meski di jual seharga Rp 28 juta di AS, di Indonesia harganya bisa mencapai Rp 40 juta. Konon katanya, ayam ini dipercaya penduduk setempat memiliki kekuatas magis. di Jawa Tengah, ayam ini digunakan sebagai sesajen dalam sejumlah ritual.

Menurut mitos, anak ayam Cemani bisa mendatangkan rezeki besar dan membuat pemiliknya beruntung. Bahkan diyakini ayam Cemani mempunyai kekuatan magis dan bisa menolak bala yang dilakukan oleh makhluk halus. Sayangnya, di balik warna tubuhnya yang unik, ayam cemani rupanya tergolong spesies langka.

3 dari 5 halaman

Ayam Ketawa

Jenis ayam hias yang kedua ialah ayam Ketawa, bukan hanya orang yang saja yang bisa tertawa, ayam juga bisa loh. Suara kokoknya persis seperti orang yang sedang tertawa. Tak heran unggas yang satu ini diberi nama ayam Ketawa.

Buat kamu yang tengah mencari hoki, ayam ini juga dipercaya masyarakat setempat dapat mendatangkan keberuntungan. Dulunya ayam ini dpelihara dan diternak oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam Ketawa merupakan simbol status sosial dan budaya bangsawan yang gagah berani, pantang menyerah, dan sukses.

Secara fisik, unggas yang dikenal dengan sebutan Ayam Jantan dari Timur ini hampir mirip dengan ayam kampung biasa. Mulai dari bentuk, ukuran, gerak-gerik dan warna warni bulunya menyerupai ayam kampung. Mengembakbiakkan dan memelihara unggas ini juga tak sulit, sama seperti ayam lainnya.

Yang membedakan dengan ayam kampung ialah, ayam Ketawa ini sudah bisa berkokok sejak berusia tiga bulan. Tetapi, bagi orang yang baru pertama mendengarnya, suara kokoknya lebih mirip burung perkutut. Harga satu ekor ayam ini bisa mencapai Rp 40 juta.

4 dari 5 halaman

Ayam Onagadori

Ayam Onagadori merupakan salah satu jenis ayam hias yang berasal dari negara Jepang, ayam ini digolongkan sebagai ayam hias karena memiliki ekor yang sangat panjang hingga 20 meter.

Sesuai dengan namanya, Onagadori yang berarti “O” ekor, “naga” yang berarti panjang, dan “dori” yang berarti unggas. Jadi secara keseluruhan dalam bahasa Jepang, Onagadori berarti unggas dengan ekor yang panjang. Berasal dari negara Sakura bukan berati ayam ini tidak bisa dipelihara di Indonesia.

Meskipun masih cukup jarang yang mengetahui ayam Onagadori, tetapi beberapa orang memiliki ayam dengan bulu yang panjang dan lurus ini. Dalam memelihara ayam Onagadori yang paling penting adalah menjaga kebersihan kandangnya. Hal ini agar ekor ayam yang menyentuh tanah tidak kotor dan merusak keindahannya. Sehingga ekor ayam akan tetap indah dan cantik ketika dilihat.

5 dari 5 halaman

Ayam Kapas

Ayam Kapas termasuk jenis ayam hias yang berasal dari daratan Cina. Ayam Kapas adalah salah satu jenis ayam hias yang mempunyai bulu yang unik seperti kapas. Karena ayam Kapas dilihat keindahan pada bulunya, maka dalam memelihara ayam ini harus memperhatikan kebersihan kandang sehingga ayam selalu tampak bersih dan indah.

Ayam Kapas tidak hanya memiliki warna selain putih saja, tetapi juga cokelat muda ataupun hitam. Walaupun jarang ditemukan ayam kapas coklat maupun ayam kapas hitam merupakan jenis lain dari ayam Kapas.

Ayam ini termasuk jenis ayam petelur yang produktif, dalam setahun ayam betina dari ayam Kapas ini bisa menghasilkan telur lebih dari 200 butir. Tertarik ingin memilikinya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini