Sukses

Teks Ceramah Lucu Agar Jamaah Tak Merasa Bosan, Pesan Tetap Sampai

Liputan6.com, Jakarta Ceramah merupakan salah satu media dakwah dalam penyebaran agama Islam. Ceramah biasanya dilakukan oleh orang-orang untuk menyebarkan ajaran-ajaran kebaikan dalam agama

Ceramah tak melulu dibawakan dengan serius, adakalanya penceramah membawakan ceramah dengan cara yang lebih menyenangkan seperti menyelipkan humor di sela-sela materi ceramah.

Ceramah dengan pembawaan lucu ini akan membuat pendengar tak bosan sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar.

Jika anda ingin berceramah didepan umum, mungkin beberapa contoh teks ceramah lucu ini dapat menjadi referensi anda dalam berceramah. Kumpulan teks ceramah lucu ini hanya berupa inti dari isi ceramah lucu.

Walaupun lucu, tak membuat esensi dari ceramah yang sebenarnya ini hilang. Pesan utama dari ceramah ini tetap dapat tersampaikan. Hanya pengemasannya saja yang dibuat lucu. Berikut telah Liputan6.com rangkum untuk anda contoh teks ceramah lucu dari berbagai sumber Rabu (6/3/2019) :

2 dari 5 halaman

Jangan meninggalkan ngaji. Oh ya ada rumah di dalam bumi.

“Ngaji Sebulan Sekali Kok Bisa Absen. Ngaji sebulan sekali, artinya setahun 12 kali. Potong mudik lebaran 2x,anaknya sakit 1x,keperluan mendadak 2x,ngantuk 2x,nggak mudeng 2x. Jadi... hanya berapa kali yang efektif?”

“Kita hidup di atas bumi kurang lebih 70 tahun. Hidup di dalam bumi (alam kubur) bisa ribuan tahun sampai hari kiamat. Jika kita selalu memperindah rumah di atas bumi yang dihuni puluhan tahun, mengapa kita tidak ingin memperindah rumah dalam bumi yang didiami ribuan tahun (dengan beramal shaleh)?”

3 dari 5 halaman

Adzan Pukul 9 Pagi?

“Hari Minggu pagi yang lalu di sebuah kompleks perumahan dibikin geger gara-gara seseorang mengumandangkan adzan di masjid tepat jam 9 pagi. Semua orang di sekitar masjid itu bingung bin heran…. Mengapa ada adzan jam 9 pagi? Siapakah orang aneh yang mengumandangkan adzan? Apakah ini sebuah aliran baru?

Kontan orang-orang pada berdatangan ke masjid. Apalagi hari libur, orang-orang lagi sedang di rumah. Tak terkecuali yang sedang main bulu tangkis pun segera berlari ke masjid. Yang sedang mencuci mobil, duduk-duduk, baca koran semua aktivitas mereka hentikan untuk datang ke masjid tatkala mendengar suara adzan tersebut.

Setelah kumandang adzan berakhir… orang-orang pada ngerubutin muadzin.

“Pak… kok aneh banget, adzan jam 9 pagi. Aliran dari mana lagi nih pak?”

Tapi ternyata jawab sang muadzin sangat mengejutkan:

"Justru kalian yang aneh, saya adzan pas waktu subuh kalian pada nggak dateng… Eh saya adzan jam 9 pagi, malah kalian pada dateng! Mulai besok pada dateng yah, kalau saya adzan Subuh!”

4 dari 5 halaman

Teks Ceramah Lucu dari KH Anwar Zahid – Bojonegoro

“Akhirnya, demi mengejar target, dia rela bekerja lebih pagi dan pulang lebih lambat. Istilahnya P6, apa itu? Pergi pagi pulang petang penghasilan pas-pasan. Nah, seiring dengan kenaikan harga BBM P-nya bukan hanya enam, tapi nambah menjadi P30! Apa saja itu?

Pergi pagi pulang petang. Petentang petenteng petakilan pikirane pyang pyangan

Perasaan perih pertanggungane pirang pirang pating pecotot puyenge por poran

Problema penyebab prustasi pala puyeng pikirin pening penghasilan pas pasan

Baru 27nih… 3 lagi apa? Potong pajak pula.”

5 dari 5 halaman

Teks Ceramah Lucu Doa keselamatan

Mengapa kita harus membaca doa keselamatan? Karena Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca doa (tersebut) maka ia ditetapkan dengan ucapan “Kamu sudah ditunjuki, dan dicukupi kebutuhan dunia dan akhiratmu, dijaga serta dihindarkan dari gangguan setan” (HR Abu Daun, Turmudzi, Nasai).

Kemudian sesampai di field, di tempat kerja anda bacalah doa selamat ini: Audzu bikalimatillaahi tammati min syarii ma khalaq (Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala kejahatan makhluk yang diciptakannya).

Doa selamat ini anda panjatkan agar selamat dari segala mara bahaya yang disebabkan oleh seluruh makhluk ciptaan Allah, termasuk binatang berbisa, gangguaan jin dan makhluk halus lainnya.

“Barangsiapa menempati suatu tempat kemudian membaca ” A’udzu bikalimatillahittammati min syarri ma khalaq ” maka tidak ada sesuatu apapun yang membahayakannya sampai ia meninggalkan tempat itu (HR Muslim).

Ingat… helm, sepatu dan perangkat safety lainnya hanya dapat melindungi anda dari benturan saja. Semua safety equipment atau APD (Alat Pelindung Diri) tersebut tidaklah mampu melindungi dari gigitan ular, kala jengking, nyamuk malaria, lintah dan gangguan-gangguan serius dari makhluk halus seperti gangguan jin, setan, genderuwodll. Nah, dengan membaca kedua doa selamat tersebut maka insya_allah lengkaplah sudah perangkat safety anda.

Karena itu, untuk para petugas safety / K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), saat anda melakukan safety briefing jangan lupa sampaikan kepada rekan-rekan anda agar:

- Memakai Alat Pelindung Diri (APD) seperti helm, dll

- Membaca Doa Keselamatan Diri (DKD) seperti tersebut di atas