Sukses

Ketahui 7 Gerakan yang Suka Dilakukan Bayi untuk Berkomunikasi

Sekarang kamu akan mengerti apa yang sebenarnya bayi kamu ingin sampaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang menjadi hal yang sulit saat kita akan memahami bayi yang sedang menangis. Karena belum dapat berbicara, maka kita tidak memahami apa yang sebenarnya mereka rasakan dan mereka inginkan.

Ternyata bukan hanya menangis saja, namun beberapa gerakan dan gestur yang sering bayi lakukan mengandung arti yang harus kita ketahui. Dilansir dari elitereaders, beginilah arti dari beberapa gerakan bayi:

1. Melengkungkan Badan

Saat bayi melengkungkan punggungnya, bisa jadi hal ini reaksinya saat sedang marah atau capek. Menurut Dr. Ari Brown, bayi terkadang melakukan hal ini karena ia sedang mengalami gangguan pencernaan.

Ketika asam lambung naik ke esofagus di tengah dadanya, bayi akan melengkungkan cadannya untuk mengurangi rasa sakit yang membuatnya tidak nyaman. Jika bayi melakukan gestur ini secara terus menerus sambil menangis, sebaiknya segera bawa ke dokter anak.

2. Menendang secara terus menerus

Dr. Claire McCarthy, asisten profesor anak di Harvard Medical School menjelaskan, jika bayi melakukannya sambil tertawa dan tersenyum, berarti ia ingin bermain denganmu. Namun, jika ia melakukannya sambil cemberut dan ingin menangis, maka ada sesuatu yang menganggunya. Mungkin kamu belum memeriksa popoknya yang sudah penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Menggoyangkan kepala

Salah satu dokter anak di Santa Clara Valley Medical Center di San Jose, California menjelaskan, saat bayi menggoyangkan kepala, mereka menemukan ritme menggerakkan badan ke depan atau belakang dan hal itu mereka rasa menyenangkan.

Namun, bila bayi kamu terlalu sering melakukannya, dan tidak melakukan hal lain seperti bermain. Secepatnya harus diperiksa ke dokter anak. Hal ini normalnya terjadi saat usianya menginjak tiga tahun.

4. Memegang telinga

Bayi kamu sering memegang telinganya? Tenang, hal ini bukan berarti mereka punya gangguan pada telinga ataupun ada infeksi. Dr. Nelson menjelaskan, terkadang mereka melakukan ini hanya sebagai aksi beru mereka yang menyadari bahwa mereka punya telinga.

3 dari 4 halaman

5. Mengepalkan tangan

Mengepalkan jari atau tangan yang dilakukan bayi menurut S. Michelle Long, salah satu suster anak di New York City adalah tanda bahwamu sedang benar-benar kelaparan. Jika hal ini ia lakukan walaupun tidak diiringi dengan tangisan, namun seaiknya kamu harus cepat memberinya makanan.

6. Melipat kedua kaki

Ketika bayimu melipat kedua kakinya hingga mengenai perutnya, berarti ia sedang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, atau rasa tidak nyaman pada lambungnya. Cobalah untuk mengurangi rasa sakitnya dengan mengelus-elus dan menepuk punggungnya agar mereka bersendawa.

4 dari 4 halaman

7. Menyentakkan lengan

Gerakan ini berarti menunjukkan bahwa mereka terkejut oleh suara-suara yang berisik, lampu yang terlalu terang atau gerakan secara tiba-tiba. Untuk menghindari ini terjadi, pastikan tidak ada suara-suara keras yang mengganggunya saat mereka sedang tidur siang maupun malam. 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.