Sukses

Tanpa Merusak Pemandangan, Jepang Punya Tempat Khusus Pasang Poster Pemilu

Poster pemilu di Jepang tidak bisa dipasang sembarang tempat.

Liputan6.com, Jakarta Pemilu 2019 sebentar lagi akan terlaksana pada 17 April mendatang. Pada 17 April mendatang tidak hanya memilih calon presiden dan wakil presiden saja, namun juga calon legislatif pada tiap daerah.

Hingga saat ini, para calon legislatif di berbagai daerah tentunya sudah mulai melakukan kampanye.

Mulai dari berbagi visi-misi, mengunjungi ke daerah tertentu atau yang biasa dikenal dengan blusukan ataupun memasang baliho tentunya dengan wajah, partai dan nomor urut agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Namun, jika kamu perhatikan berapa baliho yang bisa kamu temukan sepanjang jalan? Pasti lebih dari satu baliho yang kamu temui?

Sepertinya memasang baliho adalah sebuah kewajiban bagi para calon legislatif, padahal masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk menarik minat masyarakat.

Nah, apakah kamu termasuk salah satu orang yang merasa risi ketika baliho banyak kita jumpai di berbagai tempat?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jepang punya tempat khusus untuk memasang poster pemilu

Mungkin Tanah Air kita bisa meniru pemasangan poster legislatif pada Negeri Sakura, Jepang.

Memang bukan suatu hal yang mengherankan bagimu, jika Jepang memilik tempat khusus tersendiri untuk meletakkan poster bagi calon legislatif.

Negeri yang terkenal akan kebersihannya ini memang menyediakan tempat berupa papan persegi panjang yang sudah dibagi menjadi beberapa bagian untuk menempatkan sejumlah poster bagi calon legislatif, sehingga jalanan di Jepang tetap bersih dan nampak asri.

Dilansir Liputan6.com dari akun Twitter @Greschinov, Kamis (7/2), berikut penampakan poster yang dipasang pada tempat yang sudah disesuaikan.

 

Dalam cuitannya, Erlangga Greschinov mengungkapkan “Jepang negeri yang sangat rapi. Termasuk dalam urusan poster calon-calon legislatif. Gak bisa seenaknya nempel poster. Harus di tempat yang sudah disediakan.” Ungkapnya.

Sejak tulisan ini dirilis cuitan tersebut sudah mendapatakan 1.400 retweet dan 1000 like.

 

3 dari 3 halaman

Respons Netizen

Netizen pun membandingkan gambar tersebut dengan kejadian di Indonesia. Mengingat di Indonesia banyak sekali baliho atau spanduk yang dipasang.

Tentunya selain menjadi sampah visual , terkadang spanduk atau baliho yang dipasang sembarangan bisa menganggu tata perkotaan.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu pengguna, " Gini enak. enggak kayak disini, sampe pusing liatnya " tulis akun twitter @IsnaniPuja.

Harapan Indonesia kedepannya bisa lebih tertata pun juga diungkapkan oleh akun Twitter @jinkibabe,

“Kadang gue iri dengan kedisiplinan orang jepang, mulai melatih diri buat jadi lebih disiplin. Semoga orang Indo juga sama belajar dari diri sendiri buat disiplin kan jadi enak”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.