Sukses

Alasan Mengapa Jeruk Wajib Ada Saat Perayaan Imlek

Pasti kamu penasaran kan mengapa jeruk wajib hadir saat perayaan Imlek? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Individu keturunan Tionghoa, kini tengah merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019. Momen setahun sekali ini tentu sangat dinantikan, karena menjadi ajang kumpul, sembahyang dan bagi-bagi angpao bersama keluarga.

Saat Imlek tiba, tentu ada saja tradisi yang tetap dilestarikan dan dilakukan tiap tahunnya. Salah satunya yakni menyiapkan beberapa makanan yang wajib ada saat perayaan Tahun Baru Cina. Nah, ada satu makanan yang harus ada saat Imlek. Makanan ini adalah jeruk.

Pasti kamu penasaran kan mengapa buah ini wajib hadir saat perayaan Imlek? Kata Cina untuk 'jeruk' dan 'emas' terdengar hampir sama. Maka dari itu, menghidangkan jeruk mandarin dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Unik Lainnya

Menyediakan jeruk pada saat Imlek dianggap akan memberikan semakin banyak keberuntungan. Jeruk yang dihidangkan pun lebih baik jika memiliki daun. Daun pada jeruk melambangkan panjang umur.

Selain itu, orang Tionghoa juga tidak akan menyediakan jeruk hanya empat buah. Dalam kepercayaan Cina, empat identik dengan kematian. Tak heran jika mereka sangat menghindari angka tersebut.

Sumber: Vemale.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.