Sukses

Jangan Pernah Pesan Teh atau Kopi di Pesawat, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang tak mengetahui bahwa di dalam pesawat udara banyak terdapat bakteri berbahaya bagi tubuhmu. Kamu juga perlu menghindari minuman seperti teh atau kopi yang disediakan di pesawat, karena air yang digunakan berpotensi membawa bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

Menurut laporan Pusat Kebijakan Makanan NYC di Hunter College, tangki air di pesawat mungkin akan mengalami pemeliharaan yang buruk. Hal ini menyebabkan timbulnya bakteri yang berpotensi berbahaya di kopi dan teh yang didatangkan oleh awak pesawat selama layanan minuman dalam penerbangan.

Dilansir dari Nypost, Rabu (5/12/2018), survei ini dilakukan pada 11 maskapai, termasuk JetBlue dan Delta tentang nilai gizi dari camilan dalam penerbangan mereka juga menanyakan tentang prosedur di sekitar tangki air.

“Pesawat datang, tank-tank tidak dikosongkan dan dibersihkan karena tidak ada waktu. Tangki air diisi di atas [setelah] setiap penggunaan. Apapun yang ada di bawah tetap ada dan berada di sana,” kata Charles Platkin, seorang profesor nutrisi dan direktur eksekutif dari Pusat Kebijakan Pangan.

Standar air minum pada penerbangan yang berbasis di Amerika Serikat berasal dari aturan air minum pesawat United States Environmental Protection Agency (EPA), yang bergantung pada pelaporan oleh industri dan mengharuskan tangki air dibersihkan hanya empat kali per tahun.

“Aturan dilembagakan karena ada masalah dengan coliform, yang merupakan kelas bakteri. Saya tidak ingin membuat orang takut, tetapi itu kotoran. Pada 2004, EPA melakukan tes maskapai penerbangan dan menemukan 15 persen dari pesawat yang diuji positif mengandung coliform,” kata Platkin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Laporan maskapai lainnya

Namun, penerbangan seperti Delta dan United mengatakan bahwa mereka menggunakan proses desinfeksi ozon berteknologi tinggi setidaknya setiap tiga bulan untuk membersihkan tangki mereka.

Sebagai tanggapan atas penelitian tersebut, juru bicara untuk kelompok perdagangan maskapai penerbangan mengatakan, "sampling yang ketat dan persyaratan manajemen secara rutin dipenuhi."

Nah, jadi kamu mulai hindari untuk memesan minuman hangat seperti teh maupun kopi ketika di pesawat ya. Jangan sampai minuman pesawat yang kamu konsumsi malah menimbulkan penyakit.

Reporter:

Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

Video Populer Citizen6

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
5 Tips Anti-Stres Saat Terbang dengan Penerbangan Murah
Artikel Selanjutnya
29-11-1963: Langit Memerah Saat Pesawat Anyar Milik Trans Canada Air Lines Celaka