Sukses

4 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Dimiliki Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan zaman juga turut mendorong kemampuan teknologi agar semkin canggih. Hal ini juga terjadi pada teknologi senjata.

Di setiap negara, pesawat tempur merupakan senjata wajib yang perlu dimiliki militer. Namun, semakin tinggi teknologi juga turut membawa perubahan pada pesawat tempur agar semakin super. Berikut ini 4 pesawat tempur yang diklaim paling canggih di muka bumi.

1. Eurofighter Typhoon

 

Eurofighter Typhoon adalah pesawat tempur andalan Inggris, Jerman, Italia dan Spanyol. Keempat negara itu berkolaborasi untuk menciptakan jet tempur serba guna tersebut.

Kunci kesuksesan Eurofighter Typhoon adalah kemampuan manuvernya luar biasa, daya tempur yang andal dan dioperasikan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Pesawat teruji saat digunakan Inggris untuk melakukan berbagai operasi udara di Libya tahun 2011. Tahun 2015, pesawat jet dengan sayap delta ini juga turun di palagan Suriah dan Irak menumpas ISIS.

Negara-negara berduit macam Arab Saudi dan Kuwait langsung tertarik untuk memesannya. Harganya jelas tak murah, 90 juta hingga 120 juta Euro.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 4 halaman

2. F-35 Lightning II

F-35 Lightning II pesawat tempur andalan milik AS di masa depan. Pesawat kursi tunggal ini produksi Lockheed Martin ini bisa menjalani banyak peran, yakni pertempuran antarudara (dogfight), dukungan udara jarak dekat, serangan ke permukaan, dan pengeboman taktis.

Tak hanya itu, F-35 juga mampu lepas landas maupun mendarat di landasan pacu yang pendek. Satu lagi keunggulannya, mode siluman yang dimiliki F-35 mampu mengecoh sebagian besar radar lawan.

Harganya berkisar antara 90 juta USD hingga 120 juta USD. Pesawat ini laris manis dipesan berbagai negara. Salah satunya AU Australia sudah menggunakan F-35.

3 dari 4 halaman

3. F-22 Raptor

Lockheed Martin F-22. Pesawat dengan kursi tunggal ini bernilai sekitar USD 150 juta. Pesawat ini dilengkapi mesin ganda yang menghasilkan dorongan luar biasa untuk pesawat. Jet tempur ini bisa terbang dengan kecepatan 2,2 Mach. Perbandingan saja umumnya 0,85 Mach setara dengan 909 kilometer per jam.

Radar pesawat ini disebut bisa mendeteksi musuh dari jarak 200 kilometer. Selain itu, senjata yang ada di pesawat juga disimpan di dalam badan sehingga tidak menciptakan permukaan tambahan.

4 dari 4 halaman

4. Sukhoi Su-35

Indonesia juga memiliki pesawat tempur canggih yakni Sukhoi Su-35, salah satu pesawat tempur Rusia yang tak bisa dianggap sebelah mata oleh para pesaingnya di Barat. Pesawat generasi 4++ ini adalah jet tempur multi peran dengan waktu jelajah tinggi.

Harga satuannya berkisar antara USD 45 juta sampai 65 juta. Pertimbangan TNI AU memilihnya karena pesawat ini bandel, mudah dioperasikan dan mampu bermanuver ekstrem tanpa takut pesawat akan hilang kendali.

Reporter:

Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Detik-Detik Pria Bersenjata Serang Hotel di Kenya

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Berparas Ganteng, Ini 4 Pemimpin di Dunia yang Bikin Wanita Kepincut
Artikel Selanjutnya
Bawaslu: Jokowi Boleh Gunakan Pesawat Kepresidenan untuk Kampanye