Sukses

Top 3: Deretan Fakta Unik Black Box yang Wajib Diketahui

Artikel tentang 5 fakta unik black box tersebut menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta Usai melakukan pencarian selama empat hari, Tim SAR akhirnya berhasil menemukan bagian dari kotak hitam atau black box Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang Senin (29/10) pagi.

Black box kerap menjadi kunci dari penyebab terjadi kecelakaan pada pesawat. Tim Citizen-Liputan6 telah merangkum 5 fakta unik terkait black box yang belum banyak diketahui.

Artikel tentang 5 fakta unik black box tersebut menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara artikel kedua terpopuler yakni tentang 7 kecelakaan pesawat terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah penerbangan dunia. Disusul dengan artikel ketiga terpopuler tentang penuturan saksi mata tentang detik-detik Lion Air JT 610 sebelum alami kecelakaan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Fakta Unik Black Box, Benda Paling Dicari dalam Kecelakaan Pesawat

Setiap maskapai penerbangan pasti memiliki black box atau kotak hitam di dalamnya. Seperti kecelakaan pesawat yang baru-baru ini dialami Lion Air JT 610. Black box adalah benda yang paling dicari ketika kecelakaan pesawat terjadi dengan tujuan untuk mendapatkan data-data pesawat selama mengudara.

Black box di tempatkan pada bagian belakang atau ekor pesawat yang terdiri atas dua alat terpisah, yaitu Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR).

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 7 Kecelakaan Pesawat Terbesar dalam Sejarah Penerbangan Dunia

Perjalanan udara menggunakan pesawat sejauh ini menjadi moda trasnportasi teraman, tetapi memang pada kenyataannya tidak seratus persen aman. Terdapat sejumlah kecelakaan udara besar yang melibatkan penerbangan komersial, terhitung sejak kelahiran perjalanan udara digunakan.

Ketika perjalanan penerbangan diperluas dan daya dukung penerbangan meningkat, demikian juga korban kecelakaan yang terus bertambah.

Selengkapnya…

3 dari 3 halaman

3. Penuturan Saksi Mata, Detik-Detik Lion Air JT 610 Berasap Sebelum Jatuh

Tiga hari berselang usai kecelakaan Lion Air JT 610, seorang pengemudi ojol menyatakan kesaksiannnya terkait detik-detik jatuhnya pesawat tersebut. Anastasia Lorinda mengaku melihat Lion Air PK-LQP mengeluarkan asap hitam sebelum jatuh di perairan Karawang Senin (29/10/2018) pagi.

Tasya mengatakan, kondisi pesawat Lion Air tersebut terlihat berlubang di sebelah kanan dan berasap tepat di dekat roda. Dirinya melihat pesawat tersebut melintas tepat di dekat kediamannya di kawasan Karawaci, Tangerang.

Selengkapnya…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.