Sukses

Di Negara Ini, Atap Gedung Jadi Lahan Pertanian

Menggabungkan konsep ekologi agrikultur dan produksi industru, menanam sayuran di atap bisa jadi ide yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Lahan sempit bukan lagi jadi alasan untuk tidak bercocok tanam. Kemampuan manusia dalam mengatur lahan, sebenarnya mampu dioptimalkan dalam kondisi apapun jika mau berusaha.

Seperti yang dilakukan oleh satu tempat di Luizhou, provinsi Guuangxi, Tiongkok ini. Selain menjadikan bangunan sebagai tempat berlindung dari hujan dan panas, sebuah perusahaan bir di Tiongkok mengubah bagian atap bangunan mereka menjadi tempat menanam sayuran serta tumbuhan lainnya.

Dengan luas sekitar 0,2 hektar pabrik itu mengubah bagian bangunan atap menjadi lahan perianian yang produktif. Tidak hanya dijadikan tempat menanam padi, berbagai sayuran hingga kolam lotus juga bisa tumbuh dengan subur.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikenal sebagai Slab Roof

Ide menarik ini kerap disebut sebagai Slab Roof, yang muncul di tengah kekhawatiran para petani bahwa lahan semakin beralih fungsi menjadi tempat perluasan kota.

Tingkat industrialisasi, moderenisasi dan urbanisasi yang begitu cepat membuat para petani semakin sulit untuk memperluas lahan pertanian.

Konsep agrikultural dan produksi industri ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan kecemasan para petani di Tiongkok. Di sisi lain, menanam di atas atap juga memberikan berbagai manfaat meliputi menghemat pengeluaran.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

3 dari 3 halaman

Punya banyak manfaat

Tidak hanya lebih mudah untuk diawasi dan menghasilkan panen yang lebih baik. Slab roof juga dapat mengurangi konsumsi energi.

Suhu panas yang terpapar pada bangunan dapat berkurang karena adanya tanaman sebagai penghalang termal yang menerima sinar matahari.

Tanaman padi serta atap kolam lotus yang ditanaman di pabrik ini dianggap dapat menyejukan ruangan tanpa perlu repot menggunakan pendingin udara.

Namun agar sukses membuat atap seperti ini, atap bangunan kita sangat perlu kedap air untuk mencegah kebocoran pada bangunan.

Tentu hasil dari ide tak hanya bisa mengisi perut. Memetik sayuran dari hasil menanam sendiri, tentu tidak hanya membuat kita senang tapi juga lebih bahagia dan lebih sehat. Meski Indonesia memiliki lahan pertanian yang luas, namun ide menarik ini bisa diterapkan pada wilayah perkotaan yang cenderung memiliki lahan sempit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.