Sukses

Meski Mugil, Interior Rumah Ini Bikin Melongo

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pandangan sebagian besar orang, rumah yang layak selalu dilihat dari ukurannya. Padahal jika kita mampu mengatur ukuran rumah secara efisien dan efektif, rumah sempit bisa terasa nyaman untuk ditinggali.

Seperti rumah mungil satu ini, yang sangat cocok untuk kamu yang ingin mandiri. Rumah kecil yang dimiliki Rowan Kunz mungkin bisa jadi salah satu inspirasi untukmu.

Memang dari luar, rumah kecil milik seniman pahat asal New York ini terlihat biasa dan tidak spesial. Jangan berpikir demikian, kalau kamu sudah lihat bagian dalamnya.

 

2 dari 4 halaman

Bermimpi punya rumah besar

Selain terlihat hangat, desain interior rumah Kunz juga sangat nyaman dan layak untuk ditempati. Sebelum membuat rumah ini, Kunz sebelumnya bermimpi untuk punya rumah sendiri yang besar.

Sayang, karena masalah keuangan, ia kemudian menggunakan rencana lain, tapi tetap mewujudkan keinginannya memiliki rumah.

Saat rumah ini dibangun, Kenz justru terkejut karena hasilnya begitu memuaskan. Ia tidak percaya bahwa rumahnya akan menjadi seindah ini untuk ia huni sendiri.

"Meskipun seperti sebuah kotak, rumah ini memberikan ruang yang cukup untukku. Aku juga mendapatkan kenyamanan di sini lebih dari banyak oran di dunia," ujarnya kepada Hudson Valley Magazine.

3 dari 4 halaman

Rumah ramah lingkungan

Walaupun memiliki ruangan yang kecil, Kunz mengaku bahwa ruangan ini sudah cukup ditempati untuk dirinya sendiri bersama kucingnya, Willow.

Rumah yang telah ia bangun juga dianggap ramah lingkungan dan praktis. Untuk mengisi daya listrik, Kunz menggunakan dua panel surya untuk menjalankan lampu kulkas, serta laptopnya.

Ia juga punya talang untuk mengumpulkan air saat hujan. untuk kemudian diolah dalam teknologi drainase sederhana yang bisa digunakan kembali. Serta banyak hal lainnya yang ramah lingkuhan serta menghemat pengeluaran sehari-hari.

4 dari 4 halaman

Membantu orang lain untuk membuat rumah

Setelah sukses dengan rumah kecilnya. Kunz kini menggunakan krativitasnya untuk membangun lebih banyak rumah kecil.

Perempuan itu juga sudah berpergian ke Afrika untuk memberikan bantuan kepada masyarakat membangun rumah kecil di sana.