Sukses

7 Jenis Daun Ini Jadi Rahasia Kelezatan Masakan Nusantara

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah derasnya serbuan ragam kuliner dari negara-negara lain yang masuk ke Indonesia, masakan lokal masih tetap jadi primadona. Memang, berbicara mengenai kuliner tradisional khas Indonesia seakan tidak ada habisnya.

Sudah menjadi rahasia umum, kunci dari kelezatan kuliner Indonesia berasal dari bumbu-bumbu rempah yang digunakan dalam setiap masakan. Kandungan bumbu rempah pada masakan Indonesia membuatnya memiliki cita rasa yang kaya dan berbeda dari masakan luar.

Selain bumbu rempah, ternyata ada bahan-bahan lainnya yang membuat masakan Indonesia lebih terasa nikmat. Bahan tersebut tidak lain adalah daun-daun yang biasanya kerap ditemukan pada beberapa masakan Indonesia.

Ini dia 7 jenis daun yang bikin masakan Indonesia makin mantap dan lezat seperti dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 8 halaman

1. Daun Kemangi

Daun yang sering dijadikan sebagai lalapan pada masakan Sunda ini memang dikenal sebagai daun yang memiliki cita rasa wangi yang khas. Daun kemangi juga dijuluki sebagai daun basil-nya Indonesia karena sering digunakan dalam berbagai macam kuliner Indonesia.

Mulai dari pepes, dan berbagai masakan berbahan dasar ikan. Di mana daun kemangi digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan aneka olahan seafood lainnya.

2 dari 8 halaman

2. Daun Jeruk Purut

Jenis daun yang satu ini memiliki rasa dan aroma wangi khas yang begitu menyegarkan. Daun jeruk purut banyak digunakan dalam masakan Indonesia.

Mulai dari soto ayam, rempeyek hingga sambal matah. Biasanya daun jeruk purut bisa didapatkan dari tanaman jeruk purut dengan buah yang berwarna hijau tua.

3 dari 8 halaman

3. Daun Bawang

Daun bawang juga termasuk dalam jenis daun yang sering ditemukan dalam kuliner Indonesia. Biasanya daun bawang digunakan sebagai taburan untuk mempersedap kuliner Indonesia.

Tidak hanya itu, daun bawang juga dijadikan sebagai campuran bahan makanan seperti dalam bakwan sayur, bakwan jagung, dadar telur, martabak dan masih banyak lagi.

4 dari 8 halaman

4. Daun Seledri

Daun yang satu ini biasanya dijumpai satu paket dengan daun bawang. Meskipun daun seledri yang mentah memiliki aroma yang tidak enak, namun ketika sudah dicampur dalam masakan daun seledri mampu membuat masakan tersebut mempunyai aroma yang wangi.

Daun ini biasanya banyak ditemukan pada kuliner berkuah.

5 dari 8 halaman

5. Daun Pandan

Daun pandan memang dikenal memiliki aroma wangi yang luar biasa. Selain itu, daun pandan juga dianggap sebagai penyedap alami pada beberapa masakan bercita rasa manis seperti bubur sumsum, bubur kacang hijau, kolak dan masih banyak lagi.

Tidak hanya makanan manis, daun pandan juga kerap dipakai agar nasi liwet terasa sedap.

6 dari 8 halaman

6. Daun Salam

Daun salam dapat dikatakan sebagai jenis daun yang paling sering digunakan sebagai bumbu penyedap di berbagai kuliner Indonesia. Mulai dari pepes, sayur asem, aneka tumisan, opor, balado dan lainnya.

Daun ini dapat digunakan salam bentuk segara maupun kering.

7 dari 8 halaman

7. Daun Pisang

Nah kalau daun yang satu ini pasti sudah enggak asing lagi dong? Ya, daun pisang memang kerap kali dijadikan sebagai bahan pembungkus berbagai kuliner khas Indonesia.

Hal ini karena daun pisang memiliki aroma khas yang dapat membuat kuliner dengan bungkus daun.

Reporter:

Annisa Amalia Hapsari

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Negara Ini Punya Kuliner Sehat dan Nikmat, Indonesia?
Artikel Selanjutnya
Mencicipi Brownies Cantik Motif Batik dari Yogyakarta