Sukses

Awas, Ini Dampak Mengerikan dari Ekstensi Bulu Mata

Hati-hati sebelum lakukan prosedur pemasangan ekstensi bulu mata. Gara-gara alat kurang bersih, banyak tungau malah bisa tumbuh di bulu mata.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bulu mata lentik, tebal, serta panjang merupakan impian para wanita. Dengan memiliki ketiga hal itu, area mata bisa meningkatkan penampilan wajah menjadi lebih bagus.

Untuk mendapatkan kriteria bulu mata seperti itu, kini bisa didapatkan dengan mudah melalui prosedur ekstensi bulu mata. Di Indonesia sendiri sudah banyak klinik dan salon kecantikan yang menawarkan ekstensi bulu mata.

Akan tetapi, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan prosedur tersebut, seorang ahli bedah mata membeberkan bahaya tersembunyi dari ekstensi bulu mata.

Dr Keshini Parbhu, dari Pusat bantuan Mata Kering Orlando Eye Institute mengungkapkan bulu mata sambungan dapat mendorong munculnya tungau, apalagi jika jarang dibersihkan.

Hal semacam itu ternyata pernah dialami oleh wanita bernama Ashley pada stasiun TV Channel 9 di Amerika Serikat. Ashley mengungkapkan, pada mulanya ia mengalami mata bengkak setelah melakukan kunjungan ke salon kecantikan untuk ekstensi bulu mata.

Namun, lama- kelamaan, masalah pada matanya semakin parah sampai akhirnya ia mengunjungi dr. Parbhu. Ketika diperiksa Parbhu menemukan bahwa bulu mata Ashley penuh demodex, atau tungau kecil yang hidup pada rambut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Mengakibatkan Infeksi

"Mereka (tungau) menggali sampai ke dasar folikel bulu mata dan memakan bahan ini," ujar dr. Parbhu, melansir Mirror, Jumat (4/5/2018). Menurutnya, jika para tungau dapat berkembang biak sangat banyak pada mata, hal ini dapat berujung pada infeksi.

Faktor yang bisa memicu insiden semacam ini disebabakan oleh alat-alat ekstensi bulu mata yang kebersihannya kurang terjadi. Selain itu, menjaga kebersihan makeup terutama di area mata juga sangat penting.

Karena jika tidak menghapus makeup secara bersih, juga dapat menimbulkan risiko munculnya tungau. Cara pencegahan yang disarankan dr. Parbhu, yakni pembersihan alat-alat ekstensi bulu mata harus menggunakan pembersih medis yang mengandung minyak pohon teh.

Selain itu, kita juga harus dituntut rutin untuk mengganti ekstensi bulu mata maksimal selama satu bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.