Sukses

Mata Tertutup Otomatis Saat Bersin, Takut Copot?

Liputan6.com, Jakarta Coba perhatikan saat kamu bersin, apakah mata kamu terbuka atau tertutup? Pada umumnya, bersin akan otomatis membuat mata seseorang tertutup. Kamu juga pasti sudah pernah mendengar bahwa bersin dengan mata terbuka bisa membuat bola mata copot. Apa iya?

Bersin sendiri merupakan sebuah mekanisme perlindungan tubuh untuk mengeluarkan debu dan zat alergen lainnya. Ada juga yang bersin jika terekspos udara dingin. Seseorang yang terkena flu umumnya akan sering bersin karena rongga hidungnya membengkak dan lebih sensitif.

Melansir dari Howstuffworks, Kamis (4/5/2018), saat bersin, seseorang mengeluarkan sekitar 2.000 sampai 5.000 tetes dahak, ludah, dan udara dari dalam tubuh dengan kecepatan di antara 112.6 dan 160 kilometer per jam.

Secara otomatis, mata akan menutup saat bersin. Jika bola mata seseorang melekat erat ke kepala, mengapa mata tertutup otomatis saat bersin seakan takut terpental keluar?

 

2 dari 2 halaman

Mata Tertutup

Ada beberapa orang yang tidak menutup matanya saat bersin, tetapi sebagian besar orang melakukannya. Sebenarnya tidak ada alasan khusus mengapa mata tertutup saat bersin. Mata menutup saat bersin adalah reaksi tak sadar tubuh yang tidak memiliki tujuan apa pun.

Anggap saja mata menutup saat bersin sama seperti kaki yang menendang saat lututmu ditepuk. Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya bukan hanya otot kelopak mata yang bereaksi saat bersin, melainkan juga otot-otot di seluruh tubuhmu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut: