Sukses

Makan Sambil Diselingi Minum Ternyata Berbahaya, Ini Alasannya

Tentu kalian menganggap minum saat makan adalah hal biasa yang tak berIsiko untuk tubuh, tapi nyatanya hal ini berbahaya lo.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin kalian biasa minum di sela-sela sedang makan, hal tersebut lantaran kalian sering merasa haus ketika mengunyah makanan. Hal ini tentu jadi kebiasaan yang lumrah dilakukan bagi banyak orang di Indonesia. Namun, tahukah kalian bahwa di beberapa negara, kalian harus selesai makan dulu baru diperbolehkan untuk minum.

Tentu kalian menganggap minum saat makan adalah hal biasa yang tak berIsiko untuk tubuh, tapi nyatanya hal ini berbahaya lo. Ya, meski banyak orang yang melakukannya, belum tentu cara ini baik untuk kesehatanmu. Lantas apa sih bahayanya minum ketika makan?

Ternyata minum di sela makan bisa memengaruhi pH keaasaman lambung. Sedangkan, tingkat keasaman yang seimbang dibutuhkan untuk membantu menstimulasi pelepasan enzim-enzim pencernaan. Selain itu, juga mampu memperbaiki tingkat penyerapan vitamin seperti B12.

Enzim-enzim yang dikeluarkan ini berfungsi untuk melembutkan makanan sehingga lebih mudah dicerna. Namun sayangnya, jika kalian minum sambil makan, pH lambung akan berubah dan mengganggu proses pemecahan protein, penyerapan viamin, dan proses pencernaan makanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Makanan Pedas dan Mengandung Banyak Garam

Untuk menghindari hal tersebut usahakan untuk jangan sering minum ketika sedang makan. Jika sulit kalian bisa meminimalisirnya dengan menghindari makanan yang mengandung banyak garam. Hal ini karena makanan asin cenderung bikin kamu haus. Jangan lupa juga untuk makan sayur dan buah sehingga kamu enggak merasa serat.

Reporter:

Karla Farhana

Sumber: Bintang.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.