Sukses

Komikus Indonesia Kenalkan Wayang Kulit ke Pemain Avengers: Infinity Wars

Liputan6.com, Jakarta - Avengers: Infinity Wars merupakan salah satu film buatan Marvel Studios yang kini paling dinantikan banyak orang. Dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris ternama, film aksi laga dan fantasi tersebut akan tayang pada 25 April 2018.

Sebelum tayang perdana di Indonesia, Avengers: Infinity Wars berkesempatan melakukan screening film di Singapura pada 16 April 2018. Namun, ada hal unik saat screening itu berlangsung.

Seorang komikus Tanah Air, Is Yuniarto memberi souvenir spesial yang ia buat dari tangannya sendiri kepada para pemain Avengers: Infinity Wars. Melalui hasil kreativitasnya, Is berhasil membuat tokoh wayang yang terinspirasi dari para superhero Marvel.

Is memberi souvenir wayang kulit yang ia buat kepada cast Avengers: Infinity Wars untuk Benedict Cumberbatch yang berperan sebagai Doctor Strange. Serta Karen Gillan yang memerankan super villain, Nebula.

Is Yuniarto sendiri merupakan seniman di balik serial komik GRAND LEGEND RAMAYANA dan GARUDAYANA. Pria asal Surabaya tersebut memang memiliki ciri khas dalam membentuk karya seni. Is dengan berani menggabungkan budaya tradisional Indonesia dengan pop culture agar lebih mudah diterima oleh masyarakat modern.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Bangga Tanah Air

Is kemudian mengunggah foto pemberian hasil karyanya kepada para pemain, melalui Instagram-nya. Ia juga menjelaskan alasan mengapa dirinya ingin memberikan dan memperkenalkan wayang kulit dengan penggabungan tokoh karakter Avengers.

"Berawal saat saya membuat komik @garudayana yang di konsep sejak tahun 2006. Saat itu saya mencoba bereksperimen membuat komik dengan karakter pewayangan tradisional Indonesia dengan bentuk visual pop (manga style), hingga kemudian saya mencoba membalik eksperimen tadi, bagaimana jika karakternya modern dari pop culture, tapi dengan bentuk visual wayang tradisional. Hasilnya adalah sebuah kombinasi tradisional-modern, yang membawa sebuah impian dan harapan, bahwa kesenian khas Indonesia bisa dan akan terus berkembang serta dikenal lebih luas," tulis Is Yuniarto dalam keterangan foto yang diunggahnya.

Selain wayang kulit, Is juga membuat poster dengan sejumlah tokoh di dalamnya. Poster tersebut dipersembahkan khusus bagi Is kepada Joe Russo, yakni sutradara dari film Avengers: Infinity Wars.

Tentunya melihat budaya Indonesia seperti wayang kulit diperkenalkan pada acara Internasional merupakan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Terlebih lagi eksperimen yang dibuat Is terbilang menarik karena memadukan budaya Indonesia dengan karakter modern dalam film Avengers.

Bagaimana menurutmu?

Reporter:

Tyssa Madelina

Sumber: Kapanlagi.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.