Sukses

Jalan-Jalan hingga Minum Jus, 7 Hal yang Buat Tidurmu Lebih Nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang terbiasa memainkan ponsel mereka sebelum tidur. Padahal hal ini hanya akan membuat mereka semakin sulit untuk memejamkan mata.

Tidur memiliki peran penting bagi tubuh. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ada baiknya kamu melakukan 7 hal ini seperti dilansir dari Brightside.

1. Jalan-jalan sore sebelum tidur

Jalan-jalan santai di sore hari terbukti dapat meringankan beban pikiran sekaligus menjernihkannya. Bahkan, ini dipercaya dapat mengurangi intensitas insomnia. Tak heran, sederet tokoh ternama seperti Mark Zuckerberg dan Jack Dorsey sering jalan-jalan sore.

2. Menyiapkan keperluan untuk esok hari

Ketimbang terburu-buru saat bangun di pagi hari, alangkah baiknya menyiapkan keperluan untuk besok di malam hari. Dengan ini, kamu memiliki waktu lebih banyak untuk sarapan.

 

2 dari 4 halaman

3. Yoga dan meditasi

Peregangan dan meditasi di sore atau malam hari, sama baiknya dengan yoga di pagi hari. Dengan melakukannya sebelum tidur, ini akan mengurangi tekanan dan menenangkan pikiran.

4. Mandi air hangat sebelum tidur

Manfaat mandi air hangat akan lebih terasa bila dilakukan di sore hari. Seusai beraktivitas, mandi air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, menstabilkan kadar glukosa dalam tubuh, serta membersihkan pori-pori tersumbat.

 

3 dari 4 halaman

5. Membaca buku

Penelitian dari Universitas Sussex mengklaim membaca adalah salah satu cara merilekskan pikiran. Cara ini lebih ampuh ketimbang minum teh atau mendengarkan musik. Cobalah membaca buku sekitar 6 menit saja sebelum tidur, otot di seluruh tubuh akan menjadi lebih tenang.

6. Memilih makanan sebelum tidur

Tidak banyak yang menyadari, kelaparan sebelum tidur justru membuat seseorang mudah insomnia. Jangan lewatkan makan malam, tapi pilihlah menu yang tepat untuk malam hari. Direkomendasikan untuk mengonsumsi daging dan keju lembut yang kandungan protein serta tyryptophan-nya tinggi sehingga membantumu tidur nyenyak.

 

4 dari 4 halaman

7. Menyisir rambut sebelum tidur

Membiasakan menyisir rambut ternyata memberikan pengaruh baik bagi kualitas rambut. Menyisir rambut dapat membersihkan sel-sel kulit mati, debu, hingga lemak kulit.

Pijatan ringan saat menyisir rambut juga dapat melancarkan oksigen dan nutrisi ke akar. Malahan stylist asal Inggris, Sam Burnett mengklaim mereka yang sering menyisir rambut sebanyak 2-3 kali sehari akan memiliki rambut yang kuat dan tak berminyak.

Reporter: Vindiasari Putri

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ariel Tatum Curhat Pernah Dituduh Jadi Simpanan Om-Om
Artikel Selanjutnya
Perhatikan Waktu yang Tepat agar Mandi Air Hangat Bikin Tidur Nyenyak