Sukses

Telat Lulus Kuliah Bukan Berarti Tidak Berkualitas, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Banyak faktor yang menyebabkan seseorang  telat lulus kuliah. Beberapa di antaranya datang dari diri kita sendiri, seperti seberapa besar niat yang kita punya untuk lulus. Selain itu, biasanya masalah keluarga dan bekerja juga menjadi faktor penyebab seseorang telat lulus kuliah.

Namun sayangnya lingkungan tempat tinggal kita terkadang memiliki pandangan yang berbeda. Tidak jarang banyak orang bertanya “Kenapa belum lulus kuliah? Padahal anaknya pak A sudah lulus. Kalian kan satu angkatan”.

1 dari 3 halaman

Jangan Menyerah dan Buang Sifat Malas dalam Diri

Untuk kamu yang saat ini berada di posisi tersebut, pertanyaan seperti ini pasti membuat kamu patah semangat untuk terus berusaha. Kamu pasti merasa dibandingkan dengan orang lain yang jelas-jelas memiliki nasib dan jalan hidup yang berbeda, hingga membuatmu merasa kecewa dengan diri sendiri karena berpikir kamu tidak berkualitas secara akademik.

Buang jauh-jauh pikiran itu. Kamu harus percaya bahwa setiap orang berjalan di zona waktunya masing-masing. Jika menurut kebanyakan orang tepat waktu untuk lulus itu empat tahun, namun belum tentu menurut tuhan seperti itu.

Logika Tuhan tidak pernah sama dengan logika manusia. Jika kamu sudah melakukan yang terbaik dan berusaha keras namun belum juga lulus, itu berarti Tuhan sedang menguji mentalmu. Jangan berpikir untuk menyerah serta buang jauh rasa malas dari dalam dirimu.

 

2 dari 3 halaman

Terlambat Lulus Bukan Berarti Masa Depan Kamu Buruk

Lulus telat bukan berarti nasib kamu di masa depan akan buruk. Karena selama proses kamu berjuang untuk lulus, akan banyak pelajaran berharga yang akan kamu dapatkan. Seperti belajar sabar, belajar ikhlas, terlatih untuk menunggu, dan pelajaran hidup lainnya yang akan menjadi modal kuat saat kamu memasuki dunia kerja.

Kualitas seseorang tidak ditentukan oleh seberapa lama orang tersebut menempuh pendidikan. Masih banyak aspek yang lebih penting seperti soft skill dalam berkomunikasi, kemampuan bekerja, etos kerja yang baik, kepribadian yang mengagumkan dan kelebihan lainnya. Tetaplah berpikir positif dan terus berusaha mewujudkan impianmu.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama) Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Terbukti, Olahraga Bikin Prestasi Mahasiswa Melonjak
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Mahasiswa Komunikasi Itu Menantu Idaman