Sukses

Moeldoko Perkenalkan Bus Karya Anak Bangsa, Ini Respons Warganet

Liputan6.com, Jakarta - Moeldoko memperkenalkan bus hasil karya perusahaan Mobil Anak Bangsa (MAB) di akun Instagram pribadinya. Dalam foto yang dia unggah, tampak Kepala Staf Kepresidenan itu berpose di depan sebuah bus berwarna putih.

Menurut Moeldoko, bus berpelat D itu akan mengikuti Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan karya anak negeri, yaitu Mobil Anak Bangsa.

"Ini bukti bahwa anak negeri kita bisa melakukan hal yg positif dan pandai-pandai. Ini juga wujud anak bangsa yg kreatif dan giat membangun bangsanya tanpa banyak ngomong," tulis Mantan Panglima TNI itu dalam akun Instagram @Moeldoko_

Unggahan Moeldoko itu pun mendapat reaksi beragam dari warganet. Setidaknya, ada 495 warganet yang menyukai unggahan yang terdiri atas lima foto tersebut.

Namun, ada pula yang meragukan kelanjutan karya anak bangsa ini. Seperti akun @aleeyach.kalifa yang menyebut mobil Esemka yang sudah lebih dulu muncul belum jelas masa depannya.

Sementara itu, pujian untuk Moeldoko pun keluar dari sejumlah warganet. "Bapak terbaik," tulis @miatampu07.

1 dari 3 halaman

Mobil Pedesaan RI

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengaku, mobil pedesaan untuk mengangkut peralatan maupun hasil perkebunan sudah diproduksi dua perusahaan lokal, yakni CV Karya Hidup Sentosa di Yogyakarta dan PT Astra Otoparts Tbk. Bahkan, mobil ini siap diekspor ke negara lain.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan, mobil pedesaan ada beberapa tipe. Yang sudah diproduksi adalah tipe mobil angkutan untuk membawa alat-alat perkebunan.

"Yang sudah diproduksi dua perusahaan, yakni di Yogyakarta CV. Karya Hidup Sentosa dan Astra Otoparts," kata dia saat menghadiri Rakor Strategi Penyiapan Talent Ekonomi Digital di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu, 31 Januari 2018.

Meski tidak menyebut volume produksi mobil pedesaan jenis angkutan hasil perkebunan, Airlangga mengaku bahwa mobil tersebut sudah digunakan di wilayah Sumatera. Bangganya lagi, mobil ini bakal diekspor.

2 dari 3 halaman

Mobil Lokal Akan Diekspor

Mobil pedesaan ini merupakan jenis angkutan untuk membawa peralatan dan hasil perkebunan. Mobil tersebut tersebut merupakan hasil karya anak bangsa.

Airlangga Hartarto menyampaikan hal itu usai menghadiri Rakor Strategi Penyiapan Talent Ekonomi Digital di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu, 31 Januari 2018.

"Ada prototipe (purwarupa) yang sudah diekspor ke Malaysia. Jadi sudah dilaksanakan (ekspor)," kata Airlangga.

Dia mengaku, Indonesia sudah mengekspor mobil pedesaan beberapa unit. Sayangnya, Airlangga tidak menyebut secara spesifik jumlahnya. "Ada beberapa unit," ujar dia.

Artikel Selanjutnya
Peringati Harkitnas, Menteri Rini Ajak Milenial Bersatu Bangun Bangsa
Artikel Selanjutnya
Mama Emi Ingin Semangat Harkitnas Bisa Bangun NTT