Sukses

Tahun 2030, 5 Transportasi Masa Depan Ini Bisa Digunakan

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi kian hari semakin pesat perkembangannya. Hal tersebut membuat hampir semua aspek kehidupan manusia menjadi terbantu dengan adanya teknologi modern, seperti dalam dunia transportasi.

Begitu juga halnya dengan transportasi, semakin tahun makin inovatif dengan segudang fitur canggih. Berikut ini lima transportasi masa depan tercanggih. 

1. Driverless Car

Salah satu perusahaan yang tengah gencar dengan transportasi masa depan, adalah Google. Ide mereka adalah membuat kendaraan yang tak perlu dikendarai.

Dengan menggunakan software canggih, sebuah mobil dapat berkendara secara otomatis tanpa perlu dikendalikan, atau yang disebut Driverless Car. Tak hanya Google, dari para pihak perusahaan otomotif juga tengah mengembangkan hal ini. Menurut perkiraan, mobil-mobil canggih ini akan beredar pada tahun 2020.

1 dari 5 halaman

2. Electric Plane

Tak hanya mobil ataupun kereta yang tengah ramai mengembangkan Eco Friendly Transportation atau yang disebut dengan kendaraan ramah lingkungan.

Perusahaan pesawat Airbus juga tengah mengembangkan pesawat yang lebih cepat, lebih irit tenaga, dan ramah lingkungan, di mana nantinya pesawat akan ditenagai dengan baterai dan solar panel. Diperkirakan pesawat ini akan siap digunakan pada tahun 2050 nanti.

 

2 dari 5 halaman

3. Hyperloop

Jika baru akhir-akhir ini Indonesia tengah ramai dengan perbincangan pembangunan kereta cepat ala negara maju, ternyata perusahaan Tesla sudah melangkah lebih jauh. Mereka tengah mengembangkan Hyperloop nama untuk kereta super cepat buatan mereka.

Konsepnya mirip dengan kereta api, bedanya Hyperloop akan menggunakan tabung sebagai pengganti rel. Kereta ini bahkan dapat mencapai kecepatan dua kali lipat kereta cepat, yaitu sekitar 1.000 Km per jam. Jika pengembangannya lancar, kereta ini dipastikan sudah dapat beroperasi pada tahun 2020.

3 dari 5 halaman

4. Space Rocket

Masih ingat dengan Asgardia? Benar, proyek tempat tinggal di angkasa ini benar-benar banyak peminatnya. Inilah juga salah satu acuan bagi para perusahaan besar untuk membuat pesawat luar angkasa komersil.

Percobaan telah beberapa kali dilakukan dalam pengembangannya. Menurut sebuah informasi, pesawat luar angkasa komersil akan siap beroperasi pada tahun 2018 ini.

4 dari 5 halaman

5. Car Size Drone

Tren Drone Camera ternyata banyak menginspirasi teknologi lainnya, begitu juga dengan transportasi. Salah satunya adalah perusahaan asal Negeri Tirai Bambu, Ehang, mengembangkan drone yang dapat digunakan menjadi kendaraan untuk manusia.

Dalam event CES 2016, Ehang memperkenalkan Ehang 184, prototipe drone yang dapat ditumpangi manusia. Hebatnya penumpang cukup memasukkan tujuan, Ehang 184 akan secara otomatis menuju tempat yang dituju.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/transportasi-canggih-masa-depan/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ketika Jurnalis Bengkulu Belajar Industri Kreatif Jakarta
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Industri 4.0 Memancing Peluang Pekerjaan Baru