Sukses

Pertamina RU V Mendapatkan Penghargaan P2-HIV/AIDS

Pertamina memberikan kontribusi penting dalam pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja.

Liputan6.com, Jakarta Dalam acara penandatanganan komitmen bersama Gerakan Pertamina Anti Narkoba, unit usaha PT Pertamina (Persero) itu menggandeng Pemkot Balikpapan dalam menyosialisasikan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dalam lingkungan pekerja dan mitra kerja. Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan komitmen ini yang Direktur Rumah Sakit Pertamina Balikpapan, Tim Manajemen Pertamina RU V, serikat pekerja, dan mitra kerja.

Pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di lingkungan kerja Pertamina RU V merupakan hal yang tidak terpisahkan dari gerakan antinarkoba. Mengingat dua hal tersebut masih saling berkaitan. “Pertamina adalah satu dari tiga puluh dua perusahaan di Kalimantan Timur yang menerima penghargaan untuk Program P2-HIV/AIDS di Tempat Kerja. Tidak banyak yang mendapatkan penghargaan ini. Kita semua harus bangga,” ujar Aji Syahdu selaku perwakilan Dinas Ketenagakerjaan Balikpapan. Menurutnya, dengan penghargaan Program P2-HIV/AIDS yang telah diraih oleh Pertamina, maka komitmen Pertamina dalam mencegah dan menanggulangi HIV-AIDS tidak perlu diragukan.

Gerakan positif yang telah dilakukan oleh Pertamina ini harus didukung, dilanjutkan, dan ditingkatkan. Berkenaan dengan HIV/AIDS, program ini membutuhkan sinergi antara pemerintah, pengusaha, dan para pekerja. Berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Keternagakerjaan No. KEP. 44/PPK/VII/2012, Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS (P2-HIV/AIDS) merupakan menjadi salah satu upaya pemerintah mengapresiasi pimpinan perusahaan, kepala daerah, dan pemeduli yang berhasil memberikan kontribusi penting dalam pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja. Penghargaan ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni Platinum dengan tingkat pelaksanaan tinggi, Gold dengan tingkat pelaksanaan cukup tinggi, dan Silver dengan tingkat pelaksanaan sedang.

Aji berharap, untuk masa mendatang, Pertamina dapat meningkatkan kinerjanya dalam menjalankan program ini. “Tahun lalu, Pertamina sudah mendapatkan Gold. Saya berharap semoga dengan adanya penandatanganan ini Pertamina bisa mendapatkan Platinum di tahun berikutnya,” lanjut dia. Kegiatan penilaian untuk Penghargaan Program P2-HIV/AIDS akan dilakukan kembali pada Desember mendatang.

Penilaian ini dilakukan oleh para pejabat struktural pada instansi yang lingkup tanggung jawabnya berada dalam bidang pengawasan ketenagakerjaan, perwakilan dari Serikat Pekerja, perwakilan dari asosiasi pengusaha, perwakilan dari dari Komisi Penanggulangan AIDS, personil dan instansi atau lembaga program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Tempat Kerja.

Penulis :

Risa Andini - Institut Teknologi Kalimantan

Finalis Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Balikpapan

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.