Sukses

6 Tips Traveling saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Momen berpuasa justru akan semakin berkesan ketika kita jalani sambil melakukan traveling.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai umat Muslim yang taat, kamu harus menjalani puasa selama kurang lebih 12 jam menahan haus dan lapar. Saat-saat seperti ini biasanya banyak orang yang menghabiskan waktu mereka di rumah saja.

Bulan suci seharusnya nggak menghalangi kamu untuk tetap beraktivitas. Selain beribadah, kamu tetap bisa melakukan banyak kegiatan lainnya termasuk menjalani hobi seperti traveling. Momen berpuasa justru akan semakin berkesan lho.

Punya rencana jalan-jalan ke luar negeri atau luar kota di Ramadan ini? Berikut tips traveling saat berpuasa.

1. Bijak memilih lokasi traveling dan jadwal perjalanan

Punya rencana traveling saat berpuasa, baiknya kamu pilih destinasi yang muslim-friendly. Sebab, suasana Ramadan akan lebih terasa di sana. Makanan halal pun akan mudah ditemukan. Tak cuma itu, tempat ibadah bakal dengan mudah kamu temukan. Jadi, tak perlu bingung mencari tempat untuk salat saat berada di sana.

Untuk jadwal perjalanan nanti, perhatikan waktu-waktu krusial saat iftar, siang hari, dan sahur. Supaya tak lemas saat berpuasa, sebaiknya jangan lakukan perjalanan yang menguras tenaga di waktu siang hari. Lebih asyik kalau kamu mulai jelajah tempat wisata menjelang sore hari sembari ngabuburit.

2. Pastikan destinasi wisata punya fasilitas tempat ibadah

Jangan sampai kamu tidak menjalankan kewajiban salat selama berada di tempat traveling. Maka sebelum berangkat ke destinasi wisata, sebaiknya kamu melakukan research terlebih dahulu mengenai fasilitas tempat ibadah yang ada di sana.

Kamu pun tak perlu repot mencari masjid yang ada di sana. Jika tujuan yang kamu pilih ternyata tak memilih sarana untuk traveler muslim, carilah spot bersih untuk kamu beribadah. Jadi, tak boleh lupa membawa peralatan salat pribadi yang mudah dibawa ya.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.