Sukses

Piramida Misterius Tenggelam di Danau, Bukti Peninggalan Alien?

Piramida di dasar danau tersebut diyakini jauh lebih maju ketimbang piramida serupa lainnya di seluruh dunia

Liputan6.com, Yunnan - Di dasar Danau Fuxian, para ahli menemukan sisa-sisa sebuah kota besar dan beberapa struktur berbentuk piramida yang diyakini sebagai sisa-sisa peradaban kuno. Struktur misterius tersebut meliputi area seluas 212 kilometer persegi di dasar danau.

Danau Fuxian itu sendiri membentang di antara tiga kabupaten, Kabupaten Chengjiang, Kabupaten Jiangchuan, Kabupaten Huaning, di Provinsi Yunnan.

Monumen misterius tersebut ditemukan pada tahun 1992 ketika ahli menyelam Geng Wei menemukan batu-batu yang diukir dan dan peninggalan lainnya berupa batu tersebar di dasar danau air tawar terdalam kedua di Tiongkok. Geng yang menanyakan hal tersebut pada penduduk sekitar diberi tahu kalau itu merupakan sisa-sisa kota kuno yang hilang.

Setelah lebih dari 30 kali penyelaman dan bantuan dari kapal selam, para ahli menemukan sisa-sisa lempengan batu besar, tangga, dan bangunan berdinding. Namun, itu belum cukup untuk memahami apa yang sebenarnya berada di dasar danau.

Kemudian pada tahun 2001, arkeolog dari Museum Provinsi Hunan menggunakan peralatan sonar canggih dan kamera untuk mengamati dasar danau untuk pertama kalinya. Hasilnya membuat yakin para ahli bahwa bangunan tersebut dulunya merupakan piramida megah.

Salah satu piramida yang terendam memiliki bentuk melingkar dengan dasar sekitar 37 meter. Sementara dua lainnya, lebih tinggi dan saling terhubung dengan koridor batu setinggi 300 meter.

-

Melansir dari Ancient Code, bila menengok catatan sejarah, terdapat kota kuno bernama Yuyuan yang berada di kawasan Danau Fuxian saat ini. Lalu, apakah para ahli menemukan sisa kota kuno Yuyuan yang hilang? Jawabannya, tidak.

Mengapa? Karena setelah beberapa penelitian, para ahli menyimpulkan bahwa kota kuno Yuyuan dibangung dari bahan kayu dan tanah liat. Sementara temuan di dasar danau sebagian besar terbuat dari batu.

Piramida di dasar danau tersebut diyakini jauh lebih maju ketimbang piramida serupa lainnya di seluruh dunia karena batu-batu itu dihiasi dengan berbagai desain dan simbol. Di antara banyak batu berukir tersebut, terdapat simbol yang menarik perhatian khusus.

Di bagian kanan atas lempengan, ditemukan sebuah lingkaran berukir kecil dengan tujuh garis radial. Sebuah simbol yang diperkirakan menggambarkan matahari. Di sisi kiri batu, terdapat lebih banyak simbol berupa lingkaran lain dengan empat garis radial.

Hingga kini, para ahli masih belum bisa menentukan peninggalan tersebut berasal dari masa mana dan masyarakat yang dulunya menempati daerah tersebut. Piramida-piramida tersebut pun masih menjadi misteri hingga kelak terpecahkan suatu hari nanti.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.