Sukses

Bangga, Batik Indonesia Warnai Los Angeles Fashion Week

Liputan6.com, Jakarta Batik tak hanya digandrungi anak muda dalam negeri, namun juga anak muda Amerika Serikat. ajang Los Angeles Fashion Week (LAFW) yang digelar 25 September-2 Oktober 2016, menjadi pembuktian ragam corak batik mejadi gaya busana anak muda Amerika Serikat.

Dilansir dari Antara, Kamis (29/9/2016), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) LA bersama Indonesian Women Alliance (IWA) di LA mengikutsertakan lima desainer Indonesia dalam LAFW, sekaligus memperkenalkan fesyen Indonesia di Amerika Serikat. LAFW digelar pada 25 September hingga 2 Oktober 2016.

 

Kelima desainer yang terpilih antara lain Rinda Salmun, Ivan Gunawan, Oscar Lawalata, Aurelia Santoso dan Nonita Respati. Kelimanya dikurasi langsung oleh panitia LAFW. Selain dalam ajang LAFW, batik juga akan diperkenalkan melalui program Explore Indonesia 2016 di Santa Monica Promenade dan Fowler Museum University of California Los Angeles, Amerika Serikat.

"Pertama kali hanya main-main saja, mengetes (dengan mengenakan busana) batik. Anak-anak muda di sana ternyata suka batik. Di situ kami sadar, batik tidak harus serius, bisa mengarah pada gaya anak muda," ujar Fabiola Sondakh sebagai Perwakilan IWA.

"Kami tawarkan batik ke LAFW, ternyata mereka tertarik dan kebetulan di waktu summer spring," lanjutnya.

Ivan Gunawan, perancang busana yang turut membawa batik ke ajang LAFW menghadirkan motif tenun dari berbagai suku di Indonesia melalui teknik print ke dalam 28 koleksinya.

"Suqqu, terinspirasi motif print tenun Toraja. Saya tambahkan bunga, beragam motif batik. Saya memang tidak mengkhususkan karya saya di Batik. Kalimantan ada, Sulawesi ada. Pattern-pattern yang bisa diterima internasional," kata Ivan menjelaskan rancangan busananya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya: Muda, Gaya dan Berbudaya di Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2016. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Loading