Sukses

Spesies Hewan Lucu Ini Mirip Pikachu dan Nyaris Punah

keberadaannya di daerah terpencil Gunung Tianshan, China bagian barat daya. Populasi yang terjadi diperkirakan semakin berkurang,

Liputan6.com, Jakarta Pada tiga dekade lalu, peneliti geografi telah menemukan hewan spesies lucu bernama Ili Pika. Hewan ini sangat mirip dengan karakter yang terdapat pada Pokemon, Pikachu.

Melansir dari National Geographic, pada saat ini Ili Pika diperkirakan tengah dalam proses kepunahan, hewan ini memiliki populasi sangat sedikit, keberadaannya di daerah terpencil Gunung Tianshan, China bagian barat daya. Populasi yang terjadi diperkirakan semakin berkurang, pada tahun 1990, populasi Ili Pika masih sekitar 2000.

Kemudian pada beberapa waktu lalu peneliti melihat Ili Pika yang hidup hanya sekitar 29 ekor. Li Weidong, seorang ahli konservasi melihat hewan tersebut pertama kali yaitu saat meneliti sumber daya alam wilayah Tianshan pada tahun 1983.

Nama Ili Pika diambil dari tanah kelahirannya. Weidong tertarik dengan hewan lucu tersebut memilih berhenti dari pekerjaannya untuk beralih mengkonservasi Ili Pika.

Weidong mengatakan ia menemukan spesies itu. “Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, hewan itu menuju kepunahan. Jika Ili Pika semakin punah saat saya masih hidup, saya akan merasa sangat bersalah," lanjutnya.

International Union for Convervation of Nature pada tahun 2008 mendaftarkan Ili Pika sebagai salah satu hewan yang dilindungi, namun pemerintah Tiongkok pada waktu itu tidak ada pernyataan secara resmi untuk melindungi hewan tersebut.

Weidong kemudian membiayai sendiri penelitian dan konservasi terhadap Ili Pika, bahkan World Wide Fund for Nature juga pernah mendonasikan sejumlah biaya untuk membantu Weidong. Akan tetapi Weidong menganggap jika keterlibatan pemerintah sangatlah penting, dan biaya tersebut belum cukup untuk membantu proses konservasi.

Weidong berkata, "Umur saya sekarang hampir 60. Saya tidak akan mampu lagi mendaki gunung Tianshan." Pemerintah membenarkan jika Ili Pika tidak termasuk daftar hewan yang dilindungi, namun daftar tersebut berencana akan segera mereka perbarui.

Penulis:

Pamela Sandri

Universitas Pancasila

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.