Sukses

Misteri Tunggul Kayu Berusia 120 Tahun di Tengah Danau

Bagaimana penjelasan tunggul kayu yang berusia 120 tahun di tengah danau ini?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang mungkin hanya melihatnya sebagai tunggul kayu yang menyembul di atas permukaan danau. Namun, apa yang membuatnya istimewa adalah tunggul kayu sepanjang 9 meter ini telah berada di sana selama 120 tahun!

Saking tuanya, tunggul kayu yang berada di Danau Kawah Oregon ini dijuluki Old Man of the Lake oleh penduduk setempat. Yang menakjubkan, berdasarkan pengamatan, tunggul kayu ini telah berpindah sejauh hampir 100 meter dari tempatnya semula.

Tunggul kayu itu sendiri sebenarnya tampak biasa saja. Bagian yang terendam air, permukaannya berwarna putih karena dimakan waktu. Sementara yang berada di dalam air, tertutup lumut. Ukuran dan beratnya cukup untuk seseorang berdiri di atasnya.

-

Melansir dari The Sun, Senin (05/09/2016), pada tahun 1902, ahli geologi Joseph S. Diller menjelaskan dalam sebuah laporan bahwa ia telah menemukan tunggul kayu besar itu enam tahun sebelumnya. Jika demikian, berarti tunggul kayu itu paling tidak telah berada di sana sejak tahun 1896.

Keunikan tunggul kayu tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Danau Oregon. Tur kapal di atas danau kawah ini menjadikan tunggul kayu tersebut sebagai titik menarik yang harus dilihat langsung oleh wisatawan yang datang ke danau kawah tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini