Sukses

Beredar Foto Ikan Louhan Berlogo PKI, Netizen Riuh

Seekor ikan louhan berlogo Partai Komunis Indonesia (PKI) menjadi buah bibir pengguna media sosial Facebook

Citizen6, Jakarta - Seekor ikan louhan berlogo Partai Komunis Indonesia (PKI) menjadi buah bibir pengguna media sosial Facebook. Foto yang diunggah oleh akun Agan Harahap memperlihatkan, ikan louhan seukuran telapak tangan orang dewasa itu mempunyai corak palu arit di kepalanya. 

Terang saja, foto tersebut lantas memantik pembicaraan oleh para pengguna Facebook lainnya. Apalagi tagline yang disertakan dalam foto itu mengabarkan, bahwa ikan louhan berlogo lambang PKI itu, kini diamankan aparat kepolisian.

"Tim aparat gabungan Polres Bantul dan Intelgab Kodam Jaya berhasil mengamankan seekor ikan jenis louhan yang memiliki corak menyerupai palu arit di kepalanya," tulis Agan Harahap di paragraf pertama.

Akan tetapi, berdasarkan penelusuran tim citizen6, kuat dugaan informasi yang menyertai foto ikan tersebut dibuat hanya untuk menyindir peristiwa yang baru-baru ini terjadi di Yogyakarta, yakni pembubaran pemutaran film 'Pulau Buru Tanah Air Beta' oleh aparat kepolisian.

Netizen yang kebetulan melihat kemudian meramaikannya dengan membubuhkan komentar satir. Seperti yang ditulis akun Yulius Iskandar, "Bahaya laten ini! Pasti nih ikan keturunan DN. Aidit! Sekap!!!". Pun masih banyak komentar lainnya. Sejak diunggah foto itu kini telah di-like oleh ratusan orang dan dibagikan lebih dari 1000 pengguna Facebook.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.