Sukses

Unik, Semua Warga Pulau Ikaria Berumur Panjang, Kok Bisa?

Pulau Ikaria yang terletak sekitar 30 mil dari pantai Turki ini memang telah membuktikan bahwa penduduknya berumur panjang.

Citizen6, Yunani - Di pulau Ikaria, Yunani, memiliki umur panjang adalah sebuah norma dan bukan pengecualian. Tak jarang di sini kamu bisa menemukan orang-orang lanjut usia dan perempuan yang telah menyebrangi hidup normal dari seluruh Eropa. Bahkan, satu dari tiga Ikarians berakhir hidup hingga usia 90-an.

Mereka tidak hanya memiliki harapan hidup yang panjang, tetapi orang-orang dari Ikaria juga lebih sehat dibandingkan dengan penduduk di pulau di Eropa lainnya. Dilansir odditycentral.com, Selasa (26/4/2016), mereka bahkan jauh dari penyakit kanker dan penyakit jantung, cenderung mengalami depresi atau demensia, aktif secara fisik pada usia tua dan bahkan bisa mempertahankan kehidupan seks yang sehat. Bahkan, selama bertahun-tahun, beberapa pengunjung telah mencoba untuk mengungkap rahasia Ikarian untuk panjang umur dan kesehatan yang baik.

Pulau Ikaria yang terletak sekitar 30 mil dari pantai Turki ini memang telah membuktikan bahwa penduduknya berumur panjang melalui berbagai studi ilmiah dan survei demografi yang telah dilakukan bertahun-tahun, seperti yang diselenggarakan University of Athens.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penelitian Dr Christina Chrysohoou

Selama penelitian, Dr Christina Chrysohoou, seorang ahli jantung di universitas kedokteran menemukan bahwa diet Ikarian lokal kaya akan kacang-kacangan dan sayuran lokal yang berkembang liar di sana. Bahan makanan tersebut mengandung 10 kali lebih banyak antioksidan dari anggur merah. Mereka juga mengkonsumsi banyak kentang dan susu kambing, tapi tidak banyak makan gula dan daging.

Chrysohoou mengatakan bahwa diet Ikarians cukup berbeda dari kepulauan Yunani lainnya, yang bisa menjadi kunci untuk harapan hidup yang lebih tinggi.

"Ikarians minum banyak teh herbal dan sedikit kopi. Konsumsi kalori juga tidak tinggi. Karena Ikaria pulau terpencil tanpa turis, maka kehidupan mereka tidak terpengaruh oleh cara kebarat-baratan," ucapnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan mereka tidur siang di sore hanya menjadi salah satu faktor mengurangi risiko penyakit jantung.

Penduduk pulau Ikaria/dok: odditycentral.com

Ikaria juga menjadi salah satu langka "blue zones" di dunia, tempat di mana orang secara teratur mengatur untuk bisa hidup lebih lama. Tempat lain yang serupa seperti Okinawa Island di Jepang yang dikenal sebagai "tempat paling sehat di bumi."

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.