Sukses

Tips Keren Bangun Personal Branding untuk Blogger

Setiap blogger harus mempunyai personal branding, yang menjadikan dirinya berbeda dibandingkan blogger lain.

Citizen6, Jakarta Bagi kamu yang aktif sebagai blogger, peluang dikenal publik lewat artikel berupa reportase, opini, dan video terbuka lebar. Semakin rajin menulis dan membagikan tautan tulisan di blog pribadi, semakin banyak orang yang mencari nama kamu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara membangun personal branding sebagai blogger.

Dalam sesi Community Meet Up Forum Liputan6.com yang menggandeng Komunitas Blogger Crony, Sabtu (16/4/2016) di SCTV Tower, Jakarta, para blogger memperoleh motivasi berharga dari Dya Loretta (Dosen Komunikasi dan Marketing Communication Ekspert, penulis buku It's Me! Superbrand Diri untuk Jadi Beda).

Dya Loretta memberikan tips jitu bagi blogger untuk membangun reputasi diri. Pertama, cari sisi perilaku yang kamu ketahui sendiri. Kedua, cari tahu sisi perilaku pribadi yang telah diketahui oleh orang lain. Kadang kala kamu merasa cukup yakin sudah tahu tentang diri sendiri. Tapi ada orang lain yang mengetahui kelebihan dan kekurangan diri kamu.

Forum Liputan6

Untuk itu, kita perlu membuka diri untuk mengetahui diri sendiri. Jika sudah tahu, maka saatnya membangun personal branding. Selain itu, Dya Loretta menyarankan blogger agar melakukan riset kecil-kecilan.

Kamu coba "iseng-iseng" mengetik nama sendiri di mesin pencari (search engine). Kamu bisa lihat apa yang ditampilkan mesin pencari. Mesin pencari biasanya memunculkan nama, domain blog, serta nama akun media sosial yang kamu gunakan.

Forum Liputan6

Melalui mesin pencari, kamu bisa melihat tema-tema apa yang biasa ditulis di blog. Tampilan tema yang paling banyak dibaca oleh mesin pencari membuktikan kekuatan tulisan kamu. Misal, mesin pencari menampilkan banyak artikel blog kamu bertemakan cara merias diri. Maka, kemungkinan besar publik mengenali kamu sebagai beauty blogger (blogger khusus menulis tentang kecantikan).

Ditulis oleh Aprillia Ekasari

Anggota Komunitas Blogger Crony

Ingin tahu kelanjutan artikel personal branding untuk blogger? Silakan kamu baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.