Sukses

Gara-gara Manusia, 3 Lokasi Ini Jadi Tempat Beracun di Bumi

Akibat kebooran minyak dan sampah, tempat-tempat indah ini menjadi kubangan limbah dan sampah.

Citizen6, Jakarta - Indahnya pantai dan laut tinggal sejarah. Kini, tempat-tempat ini menjadi daerah berbahaya dan dilabeli tempat paling beracun di dunia. Dilansir dari Deutsche Welle, kecerobohan dan sampah telah mengubahnya drastis. Dari semua kaya akan keindahan biota laut menjadi tercemar bahan-bahan mematikan. Berikut tiga tempat paling beracun di muka bumi :

Teluk Meksiko

Akibat kebocoran anjungan minyak lepas pantai pada 20 April 2010 lalu, Teluk Meksiko disebut sebagai wilayah laut dengan zona kematian paling besar di dunia. Pemerintah AS memperkirakan sebesar 4,9 juta barel minyak mentah terpapar ke laut.

Setelah beberapa upaya gagal mengatasi kebocoran, anjungan tambang minyak lepas pantai yang dimiliki BP dan dioperasikan Macondo Prospect dinyatakan disegel pada 19 September 2010. Sebuah laporan di awal 2012 mengungkapkan, anjungan minyak lepas pantai itu masih juga bocor.

Tak hanya minyak, Teluk Meksiko juga dicemari oleh zat kimia yang berasal pupuk dan pestisida. Tingginya pupuk dan pestida ini berasal dari area pertanian AS di tepi sungai Mississippi. Zat kimia pada air laut di kawasan ini mencakup nitrogen dan fosforus. Kandungan zat kimia tersebut menciptakan puluhan titik minim oksigen di bawah permukaan air.

Simak tempat paling beracun di muka bumi lainnya di artikel berikut ini.

(ul)

Lihat juga foto-foto mengerikan tentang polusi di Tiongkok berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.