Sukses

Program Seniman Pasca Terampil, Wadah Kembangkan Potensi Seniman

Program ini membuat para seniman muda Indonesia dapat mengembangkan potensi mereka

Citizen6, Jakarta - Didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) kembali menyelenggarakan Program Seniman Pasca Terampil. Program beasiswa ini diberikan bagi para seniman muda Indonesia yang ingin mengembangkan potensi mereka di ruang belajar dan ruang berkarya PSBK.

Selama 10 bulan ke depan, yakni dari bulan Februari hingga November 2016, delapan seniman terpilih akan mendapatkan kesempatan mengakses dua ruang yang saling berkesinambungan dan mendukung yaitu Ruang Belajar PSBK (Pelatihan) dan Ruang Berkarya PSBK (Praktikum). Dalam pelatihan, para seniman berpeluang untuk meningkatkan kapasitas, pelatihan penulisan, pelatihan seni pengelolaan, dan seminar seni.

Galeri Indonesia Kaya 

Sementara di dalam praktikum, para seniman berpeluang untuk mengaktifkan kreativitas seni mereka melalui ruang presentasi seni dan ruang kunjungan seni. Di akhir pelatihan, mereka akan mendapatkan kesempatan tampil dan mempresentasikan karya mereka di Galeri Indonesia Kaya.

"Ini adalah salah satu wujud konsistensi kami untuk terus mengembangkan kemampuan seniman-seniman Indonesia, terutama bagi generasi muda yang berbakat dan berpotensi untuk berkecimpung dalam dunia seni," jelas Butet Kartaredjasa, Ketua Yayasan Bagong Kussudiardja, sekaligus pewaris Padepokan Seni Bagong Kussudiardja seperti dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Galeri Indonesia Kaya

Hasil seleksi akhir peraih beasiswa Program Seniman Pasca Terampil PSBK tahun 2016 sendiri telah diumumkan pada tanggal 21 Januari 2016. Sebelumnya, pihak kurasi melakukan dua tahap proses seleksi yaitu administrasii dan workshop seleksi. Dalam seleksi tersebut, delapan seniman yang terpilih yakni Aik Vela Prastica, Akbar Fakhrizal, Fitriana Yuliawati, Iqro Ahmad Ibrahim, Marta Karismalelina, Rudita Endang Setiawan, Rosemary Kesauly, dan Thoriq Dwi Prayitno.

"Saya berharap setelah menyelesaikan program ini, saya menjadi perempuan yang lebih bijak dalam menyelami dan mengaplikasikan seni yang saya pahami sehingga seni bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar saya," ujar Aik Vela Prastica, seniman asal Magetan.

PSBK memiliki beberapa ruang/wadah seni yang secara rutin mempertemukan seniman, kesenian, dan masyarakat untuk belajar dan berkarya seni melalui ruang representasi seni dan ruang interaksi seni.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.