Sukses

4 Tips Cara Ampuh Atasi Jenuh Saat Bekerja di Kantor

Di saat bekerja seringkali kita merasakan hal-hal yang membuat diri merasa jenuh atau suntuk.

Citizen6, Jakarta Di saat bekerja seringkali kita merasakan hal-hal yang membuat diri merasa jenuh atau suntuk. Adakalanya diri kita butuh istirahat untuk menyegarkan kembali pikiran kita agar kita kreatif kembali.

Banyak keuntungan yang kita dapat, jika kita benar-benar membawa diri kita untuk keluar mencari sedikit kedamaian diri. Selain untuk menenangkan diri kita yang lagi dalam keadaan jenuh, sekaligus kita juga dapat mencari ide-ide segar yang ada di luar sana.

Cara yang dapat kita lakukan pertama yakni dengan cara bertukar pikiran dengan teman sekantor. Bertukar pikiran dengan teman sekantor, dapat kita lakukan di saat beristirahat sejenak di luar kantor.

Dengan banyak bertukar pikiran dengan teman-teman di kantor maka akan banyak juga mendapatkan pengembangan ide-ide baru dari pendapat-pendapat yang tercurahkan dari teman-teman sekantor kita. Pendapat-pendapat dan pikiran-pikiran yang ada dapat menjadi ide-ide baru, atau pun dapat lebih kita kembangkan lagi dari ide-ide yang ada.

Cara yang kedua yakni dapat kita lakukan dengan melakukan browsing internet sambil mendengarkan lagu-lagu kesayangan kita. Dengan alunan lagu-lagu kesayangan, yang mengalun lembut di telinga dapat membangkitkan gairah kita di dalam mengarungi dunia internet. Cari ilmu-ilmu yang bermanfaat disana, kemudian catatlah di dalam buku catatan kita apa yang menjadi ketertarikan kita. Setelah diri kita merasa puas dan tenang, maka lanjutkan lagi pekerjaan kita yang sudah menunggu untuk kita kerjakan. Cara ini cukup mudah diterapkan, hanya saja dibutuhkan jaringan internet yang memadai.

Cara yang ketiga dapat kita lakukan dengan pergi keluar, mencari tempat-tempat dimana terdapat suatu komunitas yang bisa menginspirasi kita. Tempat-tempat tersebut yang dapat kita kunjungi antara lain, komunitas para pecinta seni seperti komunitas tari, musik dan lain-lainnya. Kita juga dapat mengunjungi taman-taman bacaan, rumah baca maupun perpustakaan-perpustakaan yang ada.

Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, maka sumber-sumber ilmu yang ada disana dapat dijadikan pedoman dalam mengelola kreatifitas kita. Selain banyaknya sumber ilmu yang kita dapatkan, kita juga dapat menjadi terpacu dan bersemangat di dalam mengembangkan seni kreatifitas kita.

Cara yang keempat yakni dengan cara beristirahat ditempat yang teduh, sejuk dan jauh dari keramaian. Tempat-tempat seperti ini bisa kita kunjungi antara lain taman rekreasi hijau, taman buah, perbukitan, pinggir sungai ataupun di pinggir pantai. Sambil menikmati suasana alam yang membuai pikiran kita, kita juga dapat memainkan imajinasi kita dalam mengolah pikiran kita.

Dengan membiarkan imajinasi kita dalam mengolah pikiran, maka ide-ide segar ataupun ide-ide kreatif tersebut dapat tercipta dengan sendirinya. Suasana alam yang ramah dan menenangkan, dapat menjadi sebuah terapi alam di dalam menyehatkan pikiran kita.

Namun adakalanya jika kita sudah tidak bisa menahan rasa jenuh, suntuk maupun rasa bosan dalam bekerja, maka sebaiknya kita mengajukan cuti dan beristirahat bersama keluarga di rumah. Bekerja merupakan kewajiban kita dalam mencari nafkah untuk kehidupan kita dan keluarga, namun kita juga jangan sampai melupakan waktu untuk bersama keluarga kita di rumah.

Penulis:

Reishal

Email : Rishal.syaf@yahoo.com

Blog : ilmupikiran.blogspot.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini