Sukses

2016 Akan Terjadi Suhu Terpanas Bumi Sepanjang Sejarah

Tahun 2016, kemungkinan Bumi akan mengalami suhu terpanas yang pernah tercatat dalam sejarah.

Citizen6, Jakarta Memasuki 2016, kemungkinan bumi akan mengalami suhu terpanas yang pernah tercatat dalam sejarah. Menurut hasil penelitian dan laporan terbaru, hal ini terjadi akibat efek dari El Nino dan perubahan iklim yang sedang berlangsung di Bumi saat ini.

Dilansir Time, Jumat (18/12/15), hasil penelitian yang diterbitkan oleh Met Office Inggris, menunjukkan bahwa suhu rata-rata global pada 2016 akan berada di antara 0,72 ° C (1.29 ° F) dan 0,96 ° C (1.73 ° F). Dengan begitu, suhu yang akan terjadi di tahun mendatang akan lebih tinggi dari suhu rata-rata selama 20 abad terakhir. Padahal tahun lalu saja suhu Bumi sudah tercatat sebagai suhu terpanas yang pernah dirasakan.

El Nino adalah salah satu faktor penyebab suhu di Bumi akan meningkat di tahun mendatang. Peristiwa alam yang satu ini adalah fenomena iklim yang terjadi ketika suhu di Samudera Pasifik meningkat seiring dengan suhu yang berada di garis Khatulistiwa Bumi. El Nino memberikan dampak ke sejumlah peristiwa cuaca, misalnya menyebabkan hujan deras di beberapa tempat yang ada di Bumi dan di sisi lain juga menyebabkan kekeringan di tempat yang lain. Hal inilah yang akan mendorong perubahan suhu secara global. Perubahan iklim secara lebih luas juga telah memberikan kontribusi untuk menghasilkan suhu yang tinggi.

Laporan hasil penelitian dari Met Office di Inggris muncul, setelah hampir 200 negara mencapai kesepakatan di Paris akhir pekan lalu untuk mengatasi perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Perjanjian ini dirancang untuk membantu dunia menghindari beberapa efek terburuk dari perubahan iklim yang terjadi di Bumi.

(Ul)*

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini