Sukses

Ini Orang-orang yang Melakukan Operasi Plastik Pertama di Dunia

Citizen6, Jakarta Operasi plastik saat ini lebih dikenal sebagai cara mempercantik wajah dan memperindah tubuh. Para wanita dan pria tak segan mengeluarkan uang hingga milyaran untuk mendapatkan bentuk yang mereka inginkan.

Padahal awalnya operasi plastik dilakukan untuk korban kecelakaan maupun luka bakar. Lalu bagaimana kisah pasien-pasien operasi plastik pertama di dunia?

1. Walter Yeo, pasien operasi plastik pertama di dunia

Seorang pelaut asal Inggris bernama Walter Yeo disebut-sebut sebagai orang pertama yang melakukan operasi plastik. Ia mengalami luka di wajah selama Perang Dunia I. Wajah bagian atas serta kelopak mata bawahnya luka akibat Pertempuran Jutland pada tahun 1916.

Tahun 1917, Sir Harold Gillies mencoba melakukan cangkok kulit dari bagian tubuhn yang tidak rusak. Ia diberi kelopak mata baru dengan topeng kulit yang dicangkokkan di wajah dan mata.

2. Mademoiselle Geoffre, operasi plastik kaki pertama

Tanggal 17 Februari 1926, Geoffre yang merupakan seorang model melakukan operasi plastik agar kakinya terlihat lebih jenjang. Sayang dokter Charles Dujairer yang mengoperasinya ternyata menjahit luka terlalu tegang. Hal tersebut membuat si model mesti diamputasi dan sang dokter didenda ratusan juta.

2 dari 4 halaman

pasien teknik rekonstruksi wajah pertama

3. Willie Vicarage, pasien teknik rekonstruksi wajah pertama

Masih dioperasi oleh Harold, Willie yang menderita luka wajah mengerikan menjalani rekonstruksi wajah dengan operasi plastil. Saat itu, kemungkinan infeksi sangat besar karena antibiotik belum ditemukan.

Untunglah Harold menemukan teknik Tubed Pedicule. Teknik ini menggunakan lipatan kulit dari dada. Kulit yang telah dioperasi dpasangi tabung supaya suplai darah tetap mengalir lancar dan mengurangi tingkat infeksi.

4. William M. Spreckley, operasi hidung pertama

- 

Catatan sejarah menuliskan bahwa William M. Spreckley merupakan orang pertama yang berhasil dioperasi hidungnya. Hidung William berbentuk aneh akibat luka tembak. Ia kemudian dioperasi oleh Harold dan menjadi pasien Harold yang ke-132. setelah operasi, hidungnya tampak lebih normal.

3 dari 4 halaman

pasien cangkok wajah parsial pertama

5. Isabelle Dinoire, pasien cangkok wajah parsial pertama

Cangkok wajah merupakan prosedur medis untuk mengganti semua atau sebagian dari wajah seseorang. Adalah Isabelle Dinoire yang wajahnya rusak karena diserang oleh anjing. Ia menjalani operasi transplantasi wajah parsial pertama pada tahun 2005 oleh Bernard Devauchelle. Isabelle mendapat jaringan wajah seperti hidung dan mulut dari seorang wanita yang telah meninggal.

6. Timmie Jean Lindsey, implan payudara pertama di dunia

- 

Timmie Jean Lindsey tak pernah membayangkan dirinya akan menjadi tonggak perubahan dalam sejarah. Pada tahun 1962, ia menjadi 'kelinci percobaan' untuk implan silikon payudara pertama. Kesuksesan yang dialami Timmie membuka kesempatan bagi jutaan wanita lainnya.

4 dari 4 halaman

operasi penis pertama untuk transgender

7. Michael Dillon, operasi penis pertama untuk transgender

Phalloplasty merupakan prosedur medis untuk rekonstruksi alat kelamin pria dengan mencangkok alat kelamin palsu. Prosedur medis ini pertama kali dilakukan pada Dillon pada tahun 1946. Dillon yang terlahir sebagai wanita merasa lebih nyaman hidup menjadi pria. Ia pun memutuskan mengonsumsi hormon testosteron serta mencangkokan penis. Dengan bantuan Dr. Harold, ia berhasil mendapatkan apa yang ia inginkan. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6