Sukses

Unik, Negara-negara Ini Dipimpin Dua Kepala Negara

Biasanya sebuah negara hanya dipimpin oleh satu kepala negara. Namun tidak demikian dengan negara-negara berikut.

Citizen6, Jakarta Umumnya sebuah negara hanya memiliki satu pemimpin yang berkuasa dan mengatur semua kebijakan negara. Kalaupun ada negara yang memiliki dua penguasa, biasanya yang satu bertindak sebagai kepala negara, sementara yang lain bertugas sebagai kepala pemerintahan.

Namun beda halnya dengan apa yang terjadi di negara dibawah ini, walau bisa dibilang negara yang sangat kecil dan berpenduduk sangat sedikit, negara-negara ini di pimpin oleh dua penguasa yang memiliki kedudukan sama rata. Menurut Governmentvs, bentuk pemerintahan seperti ini disebut diarchy, berasal dari bahasa Yunani berarti 'dua yang memerintah'.

Meski memiliki dua pemimpin yang terkadang berbeda jalan, tak membuat negara-negara ini menjadi tertinggal. Bahkan karena dua penguasa tersebut negara kecil ini menjadi lebih dikenal di dunia. Tak sedikit banyak wisatawan yang sengan dan menjadikan negara dengan dua penguasa ini sebagai tempat wisata di saat libur panjang.

Nah berikut adalah tiga negara kecil di dunia yang dipimpin dua kepala negara :

1. Negara San Marino

San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia. Negara berbentuk republik ini dikelilingi oleh Italia. Kalau Andorra dipimpin oleh dua pangeran, maka San Marino diatur oleh 2 Capitani Reggenti atau wali kapten. Kedua Capitani Reggenti dipilih oleh parlemen San Marino setiap enam bulan sekali. Capitani Reggenti diharapkan untuk bekerja sama sebagai kepala negara dan pemerintahan sekaligus. Saat ini posisi Capitani Reggenti di San Marino dipegang oleh Lorella Stefanelli, seorang pengacara wanita dan Nicola Renzi.

2. Negara Swaziland

Kerajaan Swaziland atau kadang disebut kaNgwane dan Eswatini adalah sebuah negara berdaulat yang secara geografis berada di Afrika bagian selatan. Negara monarki ini berbatasan dengan Mozambik dan Afrika Selatan.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.