Sukses

10 Negara Dengan Pulau Terbanyak di Dunia

Pulau adalah sebuah daratan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi air, dan selalu berada di atas permukaan air pada saat pasang terti

Citizen6, Jakarta Pulau adalah sebuah daratan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi air, dan selalu berada di atas permukaan air pada saat pasang tertinggi air. Di dunia ini ada ratusan ribu pulau yang tersebar di berbagai wilayah, di banyak negara, dengan masing-masing karakteristik kontur dan kekayaannya yang beraneka ragam. Sebagian pulau-pulau itu dihuni manusia, sementara sebagian yang lain tidak berpenghuni.

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki pulau dalam jumlah banyak, bahkan sering disebut sebagai Negara Dengan Pulau Terbanyak Di Dunia. Sebenarnya, masih ada negara lain yang memiliki pulau lebih banyak dibanding Indonesia, yakni Finlandia.

Berikut ini adalah 10 Negara Dengan Pulau Terbanyak Di Dunia :

1. Republik Finlandia – 179.584 Pulau

Finlandia adalah sebuah negara dengan ribuan danau dan pulau, ada 187.888 danau dan 179.584 pulau tepatnya. Salah satu danaunya, Saimaa, adalah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dengan beberapa bukit dan titik tertingginya, Haltitunturi pada 1.328 m, berada di ujung utara Laplandia. Di samping banyak danau, lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus (sekitar 68% dari luas tanah) dan sedikit tanah subur.

Sebagian besar dari kepulauan ditemukan di barat daya, bagian dari kepulauan Ã…land, dan sepanjang tepi pantai selatan di Teluk Finlandia. Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tetap bertumbuh. Dikarenakan pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak zaman es terakhir, luas wilayah negara ini juga tumbuh sekitar 7 kilometer persegi setiap tahun.

Iklim di Finlandia Selatan adalah iklim menengah utara. Di Utara Finlandia, terutama di Laplandia, Finlandia, sebuah iklim subarktik mendominasi, dikarakterisasi dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat. Seperempat dari wilayah Finlandia terletak di dalam Lingkaran Arktik, dan konsekuensinya Finlandia mengalami matahari tengah malam. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin.

Selengkapnya

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini