Sukses

Selain di Pantai, Sunset Bisa Dinikmati di Tempat Ini

Sunset atau matahari tenggelam identik dengan pantai, yakni saat langit merona merah berpadu dengan gumpalan awan kapas.

Citizen6, Jakarta Sunset atau matahari tenggelam identik dengan pantai, yakni saat langit merona merah berpadu dengan gumpalan awan kapas. Garis horizonnya akan sangat elegan ketika bertemu dengan kapal nelayan atau siluet wisatawan di bibir pantai. Dan lensa kamera pun beramai-ramai mengabadikan momen sejenak itu.

Tetapi bagaimana kalau tidak bisa menyambangi bibir pantai? Bisa karena waktu yang mepet atau sedang berada di kota yang tak memiliki pantai yang fotojenik atau ikonik. Mau tidak mau, 'plan B' harus diambil. Yakni option lain supaya momen 'golden time' matahari tenggelam tidak lepas begitu saja. Berikut beberapa alternatif pilihan mengeksplore sunset selain di pantai.


1. Citycape atau landscape

Merekam bentang kota atau alam saat sunset dengan karakter cahaya samping membuat bentang kota lebih kuat dari biasanya. Tekstur bangunan menjadi lebih menonjol dan akurat. Detilnya begitu sempurna bahkan pada titik terjauh sekalipun. Eksplore gradasi warna dengan baik saat langit mulai berubah dari kuning, jingga atau ungu violet sampai biru tua, sekitar 30 menit usai matahari tenggelam.

Pergilah ke titik kota yang cukup tinggi untuk merekam bentang kota atau landscape yang paling seru. Memotret dari sudut pemotretan 10 hingga 45 derajat menjadi pilihan yang tidak pernah membosankan. Gunakan diafragma kecil (dari f/8 hingga terkecil bila memungkinkan) untuk mendapatkan detil apik di ujung horizon. Jepretlah dengan perasaan sampai menghasilkan komposisi gambar yang paling pas.

Bila perlu, siapkan tripod dan filter lensa untuk memaksimalkan hasil. Menggunakan file RAW untuk satu dua jepret tidak ada salahnya, tak lain untuk mempermudah editing di komputer.


2. Streetphotography

Momen pergantian hari juga bagus buat streetphotography. Yakni saat proses matahari tenggelam membuat bayangan panjang pada aktivitas warga kota. Bayangan-bayangan ini membuat ilusi optik dan imajinasi yang tak ada habisnya.

Ekpresi dan gesture warga kota juga lebih complicated untuk direkam sehingga membuat foto lebih berwarna dan hidup. Dari baju-baju yang sudah tidak serapih di pagi hari, wajah-wajah lelah usai bekerja seharian dan masalah personal yang mungkin terpancar dari tatapan mata mereka. Atau, sikap tergesa-gesa untuk bertemu seseorang usai jam kerja yang membuat foto menjadi lebih dinamis dari biasanya.

3. Bermain siluet atau bayangan

Siluet bukan masalah warna hitam atau gelap saja. Melainkan background yang berwarna dengan exposure yang menarik. Drama pun menjadi hidup, mirip panggung teater yang penuh cerita.

Untuk mendapatkan momen ini, bisa dibilang susah-susah gampang. Yakni bagaimana menemukan spot dan subjek yang unik untuk dibuat siluet. Kemudian harus berpacu dengan waktu golden time yang sangat terbatas.

Praktiknya, tidak semua subjek foto menarik dibuat siluet, namun hanya yang mempunyai detil dan lekuk yang atraktif. Kalau sekedar sebuah balok kayu kemudian dibuat siluet, tentu akan menjadi datar dan sulit menemukan cerita menarik jika tidak ada unsur lain yang menegaskan narasi.

Namun dengan latihan dan sering memotret, tantangan ini bisa teratasi. Bahkan bisa memprediksikan spot-spot mana yang menarik untuk dibuat siluet atau tidak.

Selengkapnya bisa Anda baca di sini.

Penulis:

House of Naomi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.