Sukses

5 Negara Yang Pernah Pindah Ibukotanya

Wacana memindahkan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta sampai sekarang belum ada titik terangnya.

Citizen6, Jakarta Pemerintah Indonesia pernah punya wacana pemindahan ibu kota. Dari zaman Presiden Soekarno, Soeharto, hingga Susilo Bambang Yudhoyono, beberapa kota pernah disebut sebagai alternatif ibu kota selain Jakarta. Pada zaman Bung Karno di era 1950-an, Kota Palangka Raya di Kalimantan Tengah disebut-sebut bakal jadi ibu kota pengganti Jakarta. Wacana pemindahan itu muncul saat Soekarno meresmikan Palangka Raya sebagai Ibu Kota Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 1957.

Bung Karno memilih Palangka Raya karena secara geografis posisi kota ini tepat berada di tengah Indonesia. Selain itu, Palangka Raya juga tidak berada pada daerah tektonik, sehingga kondisi ini relatif aman dari bencana alam gempa bumi, banjir dan tanah longsor. Pada era Presiden Soeharto, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor pernah diwacanakan sebagai lokasi alternatif ibu kota.

Ratusan hektar lahan di kawasan ini pernah dibebaskan oleh sejumlah pengembang. Salah satunya PT Bukit Jonggol Asri (BJA) yang saham mayoritasnya milik Bambang Trihatmodjo, putra mantan Presiden Soeharto. Perusahaan itu mengalokasikan lahan sedikitnya 30 ribu Ha yang terbentang dari Kecamatan Citeureup sampai Kabupaten Cianjur. Sekitar 24 desa di tiga kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur akan disulap menjadi kota metropolitan. Namun entah kenapa rencana itu terhenti. Berbeda dengan Indonesia yang masih dalam tataran wacana, sejumlah negara sudah lebih dulu memindahkan ibu kota.

Berikut adalah 5 Negara Yang Pernah Pindah Ibukotanya seperti yang dikutip dari merdeka.com :

1. Rusia

Negara Yang Pernah Pindah Ibukotanya

Sejak abad ke-14 hingga 1712, Moskow menjadi ibu kota dari Kerajaan Rusia. Setelah itu ibu kota Negara Beruang Merah itu dipindahkan ke St. Petersburg agar lebih dekat ke Eropa. Namun pada 1918 setelah Perang Dunia Pertama, Moskow kembali jadi Ibu Kota Rusia. Data 2010 menunjukkan ada 11,5 juta warga tinggal di Moskow. Kota dengan luas 2.511 kilometer persegi ini menjadi pusat pemerintahan, politik, ekonomi, budaya dan ilmu pengetahuan Rusia. 

Selain Rusia, negara mana lagi yang pernah memindahkan ibu kota negaranya

Selengkapnya

Pengirim:
UnikDiDunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini