Sukses

6 Manfaat Nanas yang Jarang Diketahui

Tidak banyak yang tahu manfaat nanas berikut ini. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Nanas, buah berkulit kasar ini berasal dari Brazil dan mempunyai nama Latin Ananas comosus. Untuk orang yang pertama kali mencoba, mungkin akan merasa gatal–gatal segar di lidah, atau orang Jawa bilang “trecep–trecep”.

Mitos mengatakan, nanas tidak baik untuk perempuan karena dapat menyebabkan keputihan. Padahal, belum ada penelitian yang mengungkap tentang hal ini. Jadi, untuk para ladies  tidak perlu khawatir, apalagi ternyata tersimpan banyak manfaat di balik mitos nanas yang beredar.

Berikut ini manfaat buah yang mungkin belum diketahui banyak orang :

1. Mengobati cacingan

Caranya : Kupas nanas dan cuci hingga bersih. Kemudian, parut daging nanas, lalu peras dan saring hasil parutannya. Minumkan air hasil perasan kepada penderita cacingan sedikit demi sedikit.

2. Mengobati keseleo atau memar akibat terpukul

Caranya sangat mudah, hanya tinggal minum jus nanas saja secara teratur.

3. Mengobati luka bakar, gatal, dan bisul

Caranya : tumbuk halus buah nanas yang sudah dikupas dan dibersihkan, kemudian balurkan pada bagian yang terluka.

4. Menurunkan berat badan

Berat badan merupakan salah satu masalah berat untuk wanita. Tidak jarang wanita kadang sedih bahkan depresi mengetahui berat badan bertambah. Ternyata, nanas dapat mengurangi berat badan.

Caranya cukup mudah, buah nanas yang belum terlalu matang diparut atau dijus, kemudian peras hasil jus atau parutannya dengan kain bersih. Lalu, minum air perasannya secara rutin, 2 kali sehari.

5. Menghilangkan ketombe

Tidak jarang orang yang mengeluh karena rambut yang berketombe, karena hal ini dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Air perasan dan saringan nanas yang telah dijus atau diparut dapat membantu mengurangi ketombe.

Hanya dengan menambahkan perasan air jeruk nipis, air perasan nanas dan jeruk nipis bisa langsung digosokkan pada kulit kepala. Biasakan untuk melakukan hal 2-3 kali dalam seminggu, lakukan sebelum tidur, biarkan semalaman.

6. Meningkatkan kualitas sperma

Untuk para pria yang belum diberikan keturunan, dapat mencoba dengan mengkonsumsi nanas secara rutin, karena nanas dapat meningkatkan kualitas sperma.

Pengirim:

Amelia Devi Prasanti

(Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNDIP 2014)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini