Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Gempa Sulawesi Barat

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video gempa Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video gempa Sulawesi Barat, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 April 2024.

Unggahan klaim video gempa Sulawesi Barat menampilkan jalan dan permukaan tanah yang terbelah, terlihat dalam video tersebut sejumlah orang berlarian sambil berteriak disertai dengan guncangan sehingga meruntuhkan sejumlah bangunan dan terlihat sejumlah kendaraan berada di tengah retakan tanah.

Video terlihat direkam di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina dan terdapat petunjuk arah dengan bertuliskan bahasa Indonesia "Masuk".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Gempa di Sulawesi baratšŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­"

Benarkah klaim video gempa Sulawesi Barat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video gempa Sulawesi Barat, dengan menangkap layar salah satu tayangan video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Ā 

<p>PenelusuranĀ klaim video gempa Sulawesi Barat</p>

Penelusuran mengarah pada tulisan berjudul "Sigi Biromaru: terrifying footage of lateral spreading during the Sulawesi earthquake" yang dimuat situs blogs.agu.org, pada 15 Oktober 2018.

Tulisan tersebut memuat beragam foto yang identik dengan cuplikan klaim video.

<p>PenelusuranĀ klaim video gempa Sulawesi Barat</p>

Situs blogs.agu.org menyebutkan, perisitwa dalam video dan foto terjadi di Sigi Biromaru pinggiran kota Palu yang terletak di sisi timur lembah.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Old Video Claiming To Be Of Papua New Guinea Quake Goes Viral" yang dimuat situsĀ ndtv.com, padaĀ  14 September 2022, artikel tersebut memuat cuplikan foto yang identik dengan klaim.

Artikel situs ndtv.com menyebutkan, video tersebut sebenarnya adalah gempa tahun 2018 yang melanda kepulauan Indonesia.

Terkait dengan gempa dengan gempa Sulawesi Barat, berdasarkan catatan Liputan6.com, GempaĀ magnitudo 5,8 mengguncang KabupatenĀ Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), pada Rabu (8/6/2022).Ā Gempa Mamuju tersebut terjadi sekitar pukul 12.32 WIB.Ā 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,77Ā° LS; 118,56Ā° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 26 KM arah Barat Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

Sumber:

https://blogs.agu.org/landslideblog/2018/10/15/sigi-biromaru-1/

https://www.ndtv.com/world-news/old-video-claiming-to-be-of-papua-new-guinea-quake-goes-viral-3336187

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuranĀ Cek Fakta Liputan6.com, klaim video gempa Sulawesi Barat tidak benar.

Video gempa terjadi di Sigi Biromaru pinggiran kota Palu pada 2018.

Ā 

Ā 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Ā 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.